Wako Resmikan Sejumlah proyek PNPM di Dua Kecamatan

BATAM- Sejumlah proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan yang terdapat di kelurahan Sungai Pelunggut dan Kelurahan Sungai Lekop diresmikan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Jumat (19/11). Reni Oktavia, koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sungai Pelunggut menyampaikan bahwa pada tahun 2009 telah dilaksanakan lima kegiatan lingkungan dengan dana sebesar Rp60 juta. Dari total dana tersebut, sebesar Rp10 juta merupakan dana swadaya dari masyarakat.

Pada tahun 2010 menurutnya terdapat tiga kegiatan lingkungan yang dilaksanakan senilai Rp102 juta. Jumlah itu juga sudah termasuk dana dari swadaya masyarakat sebesar Rp25 juta.  Sementara itu untuk kegiatan di Kelurahan Sungai Lekop pada tahun 2010 telah dilaksanakan dua kegiatan senilai Rp32 juta.

Mengetahui keberhasilan masyarakat di Kelurahan Sei Pelunggut dan Kelurahan Sungai Lekop yang telah berhasil melaksanakan program PNPM Mandiri Perkotaan tahun 2009-2010, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi. Terutama kepada Koordinator BKM yang telah berhasil mengkoordinir masyarakat sheingga program kemasyarakatan tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu.

Katanya, melalui program ini merupakan bukti nyata pembangunan partisipatif dari bawah (bottom up). Pada tahun 2011 Pemko Batam menurutnya akan mengupayakan peningkatan pembiayaan PNPM menjadi Rp10 miliar. Dana tersebut menurutnya sudah termasuk dana pusat.

“Dengan demikian maka distribusi pembangunan akan lebih merata. Tanpa peran serta dari masyarakat maka pemerintah tidak akan mampu melaksanakan percepatan pembangunan secara sekaligus. Untuk itu terimakasih kepada masyarakat yang telah berhasil melaksanakan program PNPM Mandiri Perkotaan dan Pemko Batam akan terus memberikan dukungan untuk pelaksanaan program nasional ini,” ujar Wali Kota dalam sambutannya.

Dalam acara tersebut walikota juga menyerahkan penghargaan kepada masing-masing BKM, yakni BKM Kelurahan Sungai Pelunggut dan Kelurahan Sungai Lekop Kecamatan Sagulung. Pada sore harinya dilanjutkan dengan peresmian sejumlah proyek PNPM Mandiri Perkotaan di Kelurahan Kibing Kecamatan Batuaji. Pada kesempatan itu Wali Kota sekaligus meresmikan proyek Posyandu yang merupakan kegiatan tahun 2009-2010.

(crew_humas/yh)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -