Wako Hadiri Sidang Wilayah III PGWI Kepri

BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menghadiri Sidang Wilayah III Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Kepri, Senin (8/11). Acara yang digelar di Hotel Pacific tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo. Sidang Wilayah III PGIW Kepri tersebut merupakan agenda lima tahunan yang juga sebagai agenda pemilihan kepengurusan PGIW baru. Ketua Pelaksana Kegiatan Wirya Putra Silalahi mengatakan pada sidang wilayah III itu juga akan dilakukan evaluasi terhadap kepengurusan priode 2005-2010 dan juga penyampaian laporan pertanggungjawaban serta penyiapan program-program kepengurusan priode 2010-2015.
Sidang Wilayah III GPIW ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PGI, Pendeta AA Yewangoe dan Tamrin Tomagola yang merupakan sosiolog dan cendikiawan muslim dari Universitas Indonesia, Jakarta. Adapun jumlah peserta yang hadir dalam seminar itu sebanyak 140 orang yang berasal dari 26 D Nomiasi.Jumlah ini menurutnya tidak termasuk panitia dan peninjau. Seminar yang berlangsung selama dua hari ini juga akan diisi dengan seminar dengan judul Beragama dan Beriman Yang Demokratis dan Menghargai Kebhinekaan Keimanan Intern Antar Agama. Untuk pemilihan anggota kepengurusan tersebut akan digelar sidang komisi serta pleno pemilihan dan pengesahan.

“Pelantikan akan dilakukan oleh Ketua Umum PGI,” ujarnya.
Edy Sinurat, selaku perwakilan Majelis Pekerja Harian (MPH) mengatakan, Sidang Wilayah III ini selain sebagai sarana untuk silahturahmi juga sebagai ajang untuk menyusun program kerja 2010-2011. Dalam pertemuan lima tahunan itu, ia mengajak agar peserta tidak hanya memperhatikan kepentingan sendiri maupun kelompok melainkan kepentingan bersama. Ia berharap PGIW ke depannya bisa lebih baik dan lebih maju.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, atas nama Pemko Batam mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta sidang wilayah itu. Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan jumlah penduduk Batam yang sudah tembus mencapai angka satu juta jiwa. Penduduk Batam terdiri dari berbagai suku dan agama. Namun demikian kehidupan umat beragama di Kota Batam rukun dan damai. Perbedaan suku di Batam menurutnya tidak menjadi pemicu pemecah melainkan sebagai penguat. Karena perbedaan bukanlah penghalang untuk membangun Batam, kota yang kita cintai ini.

Melalui Sidang Wilayah III itu, Wali Kota mengharapkan adanya masukan yang bisa dijadikan Pemko Batam sebagai rekomendasi dalam mengambil kebijakan. “Untuk itu tolong sampaikan rekomendasi kepada kami, agar dapat menjadi bahan masukan demi kemajuan pembangunan Kota Batam yang kita cintai dan banggakan ini,” katanya menutup sambutannya.

Wakil Gubernur, Soerya Respationo menyampaikan ucapan selamatnya atas digelarnya Sidang Wilayah tersebut. Melalui pertemuan tersebut diiharapkan dapat mengeliminir perbedaan yang ada di Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya. Soerya mengajak agar membangun Kepri bersama-sama agar masyarakat dapat hidup rukun dan damai. Pembukaan acara Sidang Wilayah ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Soerya dan didampingi oleh Wali Kota, Ahmad Dahlan.(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -