Walikota Terima Award Daerah Berprestasi 2009

FOTO BYBATAM-Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan menerima Penghargaan Daerah berprestasi tahun 2009.   Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada acara puncak peringatan hari Keuangan ke -63 Senin (2/11) yang dirangkaikan dengan acara Stakeholders Gatrhering Departemen Keuangan di Aula Mezzanine, Lantai M Gedung Djuanda I Departemen Keuangan, Jakarta Pusat.

Penghargaan ini diberikan kepada 54 Bupati dan Walikota  serta 9 Provinsi se Indonesia yang berprestasi dalam pengelolaan anggaran kriteria kinerja keuangan. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, Kota Batam ditetapkan sebagai salah satu daerah berprestasi dalam pengelolaan anggaran berdasarkan kriteria kinerja keuangan, kinerja ekonomi dan kesejahteraan sesuai dengan SK Menteri Keuangan Nomor 420/KMK/07/2009.

Kinerja Keuangan dinilai dari beberapa indikator antara lain opini yang diberikan BPK atas Penilaian laporan pengelolaan keuangan daerah pada tataran Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan Wajar Dengan Pengecualian (WDP),  ketepatan waktu dalam penetapan APBD murni dan perubahan, ketepatan dalam penyampaian laporan APBD, tertib dalam penyampaian laporan semester atas realisasi APBD kepada pemerintah pusat. Selain itu, tertib dalam penyelenggaraan dan penetapan dana alokasi khusus (DAK), serta kinerja peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara kinerja ekonomi dan kesejahteraan dinilai dari indikator seperti pertumbuhan ekonomi Batam yang berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, laju inflasi daerah yang berada dibawah rata-rata nasional dan upaya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran.

Disamping penghargaan turut pula diberikan ikutan berupa dana insentif daerah bagi Kota batam sebesar Rp. 26 milyar yang akan menjadi salah satu sumber penerimaan pada APBD tahun 2010.

“Penghargaan ini patut disyukuri, karena penghargaan ini baru pertama kali diterima oleh Kota Batam,” ujar Yusfa.
Dengan diterimanya penghargaan ini maka dapat dijadikan instrumen untuk meningkatkan kinerja satuan kerja pengelolaan keuangan. Bahkan seluruh satuan kerja di lingkungan Pemko Batam. Tidak dapat dipungkiri, keberhasilan dari peningkatan kinerja keuangan di Pemko tidak terlepas dari peran semua satuan kerja perangkat daerah serta kerja sama dan koordinasi yang baik antara eksekutif dan legislative.(hms crew)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -