Delapan Siswa Hinterland Berhasil Lolos ke UGM

BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Batam. Salah satu cara yang ditempuh yakni dengan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi baik yang berada di mainland maupun hinterland. Di tahun 2010 ini, sebanyak delapan orang siswa asal hinterland berhasil lolos melanjutkan pendidikannya ke Universitas Gadjah Mada (UGM). Keberhasilan ini diraih setelah mereka mengikuti tes seleksi yang diselanggarakan oleh pihak UGM. Seleksi ketat ini diikuti oleh 100 orang siswa-siswi dari sekolah di hinterland pada Maret lalu. Dengan keberhasilan yang diraih tersebut, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan segala kebutuhan pendidikan mereka akan ditanggung oleh Pemko Batam.

Sementara bagi siswa yang tidak lolos melanjutkan pendidikannya di universitas yang terletak di Yogyakarta, Jawa Tengah tersebut, dapat mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi yang terdapat di Kota Batam. Katanya, mereka dapat melanjutkan pendidikan di Unrika, Uniba, Politeknik atau perguruan tinggi lainnya yang terdapat di Batam. Menurutnya, tidak hanya beasiswa bagi siswa yang ingin melanjutkan ke tingkat Strata 1 (S1) tapi Pemko Batam juga memberikan beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang Strata 2 (S2). Program beasiswa ini menurutnya telah dianggarkan melalui APBD Kota Batam.

“Batam membutuhkan SDM yang handal. Tahun sebelumnya sudah ada yang kita beri beasiswa dan mereka ada yang kuliah di sekolah perikanan, Unrika, Uniba dan Poltek. Pada tahun ini kita menjalin kerjasama dengan UGM. Dari seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu, ada delapan anak yang berhasil lolos dan melanjutkan kuliahnya di UGM,” papar Dahlan di Hotel Golden View, Sabtu lalu.

Sementara itu kepada siswa-siswi di Kota Batam yang berhasil lulus Ujian Nasional (UN) dengan nilai terbaik, sebagai kepala daerah, ia juga berjanji untuk memberikan reward. Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Pendidikan Kota Batam menurutnya akan membuat acara khusus. Penghargaan tersebut akan diberikan pada malam acara khusus tersebut. Katanya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelangsungan acara itu. Diperkirakan, acara akan digelar dalam bulan ini.

“Penghargaan itu akan diberikan dalam acara khusus tersebut. Seperti apa penghargaannya, bisa saja dalam bentuk uang untuk pembinaan,” katanya singkat.

kuliah biaya mereka yang menanggung Pemerintah Kota Batam. Itu dilakukan agar  kualitas antara hinterland dengan mainland tidak terlalu jomplang,” papar Dahlan lagi.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -