TNI Manunggal KB Kesehatan, Wujudkan Masyarakat Kepri yang Damai, Sehat, Bahagia dan Sejahtera

BATAM – Hari ini (15/6/10) menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Kepri dengan Pencanangan Bhakti TNI Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu di Kepulauan Riau yang berlokasi di lapangan Genta, Batu Aji. Kota Batam berbangga hati karena dipilih menjadi tuan rumah bagi pencanangan program yang lebih dikenal dengan nama TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) ini. Program ini diresmikan langsung oleh Komandan Korem 033 Wira Pratama Kol. CZI Zainal Arifin, yang menandakan dimulainya kegiatan pelayanan Keluarga Berencana dan juga pelayanan kesehatan yang akan berlangsung hingga 1 Oktober 2010.

Pencanangan kegiatan TMKK yang mengambil tema : “Melalui Bhaksos TNI KB Kesehatan Kita Wujudkan Masyarakat Kepri yang Damai, Sehat, Bahagia dan Sejahtera,” tersebut berlangsung pada pagi hari tadi dengan berbagai kegiatan. Adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya yaitu donor darah, pemeriksaan papsmear, pelayanan KB, pelayanan kesehatan umum, pemeriksaan gigi, yang semuanya dapat diikuti masyarakat tanpa dipungut biaya. Selain itu juga terdapat pameran aneka barang kerajinan dan produk makanan serta minuman yang dipersembahkan oleh Asosiasi Kelompok UPPKS Kota Batam.

Kegiatan TMKK merupakan hasil kerjasama yang dilakukan antara TNI dijajaran Korem 033/Wira Pratama dan BKKBN Provinsi Kepri yang dilakukan untuk mencapai sasaran berupa terselenggaranya intensitas kegiatan Keluarga Berencana dan kesehatan umum dengan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Pelayanan yang dilakukan meliputi pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, kesehatan reproduksi remaja, pemberdayaan keluarga, imunisasi, kesehatan ibu dan anak, pemberdayaan masyarakat dalam kesehatan serta pelayanan komunikasi, informasi dan edukasi.

Disampaikan oleh H. Maaz Ismail, Asisten Administrasi Umum yang hadir mewakili Walikota Batam, bahwa Batam sebagai Kota terpadat di Provinsi Kepri merasa beruntung dijadikan tuan rumah pencanangan TMKK, karena ini berarti masyarakat Batam akan mendapatkan berbagai informasi serta pelayanan yang lebih awal dibandingkan dengan daerah lainnya. Harapannya hal ini dapat menekan laju pertumbuhan penduduk Batam yang sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir, dimana pada Desember 2009 tercatat hanya 66% saja reseptor KB yang berhasil dicapai dari 187.106 jiwa yang ditargetkan. Dengan sosialisasi dan pelayanan KB serta pelayanan kesehatan yang diberikan gratis kepada masyarakat ini, Pemerintah Kota Batam berharap mampu menciptakan SDM yang lebih maju dan berkualitas.

Danrem 033 WP juga menyampaikan bahwa seluruh personil TNI berkewajiban untuk mendorong dan memfasilitasi BKKBN untuk memberikan pelayanan kesehatan. Selain itu, pelaksanaan TMKK dirancang dengan melibatkan seluruh institusi mulai dari pusat hingga tingkat desa serta berbagai organisasi kesehatan. Menurutnya, program revitalisasi KB dan kesehatan yang hanya berlangsung selama kurang lebih enam bulan ini diharapkan berjalan dengan maksimal dengan pemberian informasi dan konseling serta membuat skala prioritas dengan baik.

Acara ini diakhiri dengan pemberian penghargaan dari BKKBN untuk Peserta KB Lestari 15 Tahun, Peserta KB Lestari 10 Tahun, Kelompok Bina Lingkungan Keluarga, UPPKS, Peserta KB Kontrasepsi, PIK Remaja Teladan dan penyerahan Bantuan IUD Kit, KIE Kit.

Hadir juga dalam acara tersebut Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri, Kepala BKKBN Provinsi Kepri, Kabid Dokkes Polda Kepri, Danlantamal IV, Danyonif 134/TS, Kabag Binamitra Poltabes Barelang serta para pejabat di seluruh SKPD lintas instansi dan masyarakat disekitar lokasi acara peresmian.
Setelah acara pencanangan, Danrem 033/ Wira Pratama didampingi Walikota Batam beserta rombongan  melakukan peninjauan langsung terhadap dua unit kendaraan Pelayanan KB serta areal pelayanan KB dan Kesehatan Umum yang langsung  dipenuhi oleh masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya secara gratis dan mendapatkan info dan pelayanan KB.

(*humas_crew/bb)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -