Wako Resmikan Proyek PNPM Mandiri di Kecamatan Batam Kota

BATAM- Proyek PNPM Mandiri Perkotaan di enam kelurahan di Kecamatan Batam Kota tahun 2009-2010 diresmikan. Peresmian yang dilakukan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan tersebut dipusatkan di Perumahan Taman Raya Tahap I, Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota, Senin (22/11). Adapun yang menjadi tema pada acara peresmian kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan tersebut adalah “Dengan Program PNPM Mandiri Dapat Mendorong Masyarakat Peduli Terhadap Lingkungannya dan Mengarahkan Tatanan Sosial Perkotaan Yang Berkembang Kemandirian Masyarakat Yang Berkelanjutan”. Peresmian sejumlah proyek tersebut ditandai dengan penandatanganan sertifikat, pengguntingan pita dan pembukaan kain selubung gambar proyek-proyek yang dikerjakan.

Kosasih mewakili BKM Kecamatan Batam Kota mengatakan bahwa melalui kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan ini dapat mendorong kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya. Namun demikian tidak seluruh masyarakat dapat merasakan program pemerintah tersebut karena keterbatasan anggaran. Untuk program PNPM Mandiri di Kecamatan Batam Kota, anggarannya dibagi untuk enam kelurahan. Untuk Kelurahan Sukajadi, total anggaran untuk kegiatan Rp75 juta dan Rp20 juta merupakan swadaya dari masyarakat.

Di Kelurahan Taman Baloi, Rp60 juta dari anggaran APBN dan Rp30 juta swadaya masyarakat. Di Kelurahan Teluk Tering sebesar Rp60 juta dengan swadaya masyarakat Rp7 juta. Di Kelurahan Belian Rp 50 juta dari APBN dan Rp8 juta merupakan swadaya masyarakat. Terakhir di Kelurahan Sei Panas, dana PNPM Rp60 juta dan dari swadaya masyarakat Rp7 juta.

“Dari BLM 1 sebesar Rp355 juta dari APBN dan sebesar Rp94 juta merupakan swadaya dari masyarakat. Melalui PNPM Mandiri Perkotaan ini sudah hasilkan banyak proyek dan manfaatnya pun dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” paparnya.

Ketua RW 7 yang juga Ketua BKM Belian Sejahtera, Syamsurizal mengatakan bahwa melalui program PNPM Mandiri Perkotaan itu banyak proyek yang telah dilaksanakan. Diantaranya membangun gorong-gorong. Pembangunan gorong-gorong ini menurutnya sangat bermanfaat untuk mengatasi banjir di daerah tempat mereka tinggal. Kemudian pembangunan posyandu di lingkungan mereka.

“Posyandu Bunda ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Posyandu terbaik tingkat kota. Kami juga sudah menerima bantuan Rp70 juta dari Kecamatan,” katanya.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah berhasil melaksanakan kegiatan yang dianggarkan melalui program PNPM Mandiri Perkotaan tersebut. Harapannya, dengan pembangunan proyek-proyek tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Sebagai komitmen dari Pemko Batam untuk terus mendukung program PNPM Mandiri Perkotaan, maka pada tahun 2011 akan dianggarkan Rp9 miliar sebagai dana pendukung.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -