Maknai Idul Adha Dengan Sifat Pengorbanan Nabi Ibrahim

BATAM- Ribuan umat muslim di Kota Batam melaksanakan Shalat Idul Adha (Ied) di Masjid Agung Batam Centre. Turut hadir melaksanakan Shalat Ied di Masjid Agung, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta istri, Ny. Mariana Ahmad Dahlan. Pukul 07.00 WIB, pelaksanaan Shalat Idul Adha pun dimulai.Adapun yang bertindak sebagai Khatib pada shalat Ied 1431 Hijriah tersebut Drs. H. Zulkifli, AK (Kakanmenag Batam), Imam, H. Muslim Ahmad dan Bilal H. Muhammad Hasyim.

Sebelum Shalat Ied dimulai, panitia hari raya Idul Adha mengumumkan jumlah hewan kurban se Kota Batam sebanyak 2.162 ekor. Yang terdiri daro 731 ekor lembu dan 1.764 ekor kambing. Adapun jumlah hewan kurban yang akan dipotong di Masjid Agung berjumlah 95 ekor. Yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 84 ekor kambing. Usai melaksanakan Shalat Ied, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyerahkan hewan kurban ke Masjid Agung Batam Centre.

Selain di Masjid Agung Batam Centre, Wali Kota juga menyerahkan hewan kurban ke beberapa tempat lainnya. Seperti penyerahan hewan kurban ke Poltabes Barelang. Hewan kurban tersebut diterima langsung oleh Kapolresta Barelang, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan. Dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban ke Masjid LDII Bengkong Baru, Penyerahan Hewan Qurban di Lapangan Bola Voli Simpang Lampu Merah Komplek Seraya Atas, penyerahan hewan kurban ke Sekretariat Demokrat, Batam Centre. Terakhir penyerahan hewan kurban ke Masjid AL Muhajirin Tiban BTN.

“Hari raya Idul Adha merupakan hari raya kurban yang mengingatkan kita kepada cerita Nabi Ibrahim yang menerima wahyu dari Allah SWT agar menyembelih anaknya, Ismail. Dengan keihklasan hatinya dan kecintaannya kepada Allah, Nabi Ibramin bersedia mengorbankan anaknya. Sangat lah perlu bagi kita untuk mencontoh sifat Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya,” ungkap Wako.

Dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha tersebut juga diumumkan pemenang lomba pawai takbir keliling yang digelar pada Selasa (16/11) malam. Adapun yang menjadi juara satu lomba mobil hias adalah Kecamatan Bengkong, juara dua Kecamatan Batu Ampar dan juara tiga adalah Kecamatan Lubuk Baja. Juara harapan satu diraih oleh Kecamatan Sagulung, harapan dua Kecamatan Batuaji dan juara harapan tiga diraih Kecamatan Sei Beduk.

(crew_humas/yh)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -