Dahlan : Batam Butuh Tenaga Kerja Profesional

Wako Buka Pelaksanaan Bursa Kerja di Politeknik

Dahlan : Batam Butuh Tenaga Kerja Profesional ft : IrwansyahBATAM - Untuk ke empat kalinya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar kegiatan Bursa Kerja 2009. Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, untuk Bursa Kerja tahun ini, lowongan yang tersedia sebanyak 5.073 dari 30 perusahaan yang terdaftar di Bursa Kerja. Dari 5.073 lowongan yang tersedia, 3.154 diantaranya untuk wanita dan 1.919 lowongan untuk pria. Perusahaan yang ikut serta dalam Bursa Kerja ini, dua diantaranya perusahaan asal Kabupaten Bintan.


“Saat ini jumlah perusahaan di Batam 3.897 dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 264.743 orang dan 4.900 diantaranya tenaga kerja asing. Sementara jumlah pencari kerja di Batam sebanyak 18.445 dan 4.491 sudah ditempatkan. Banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, namun tidak semuanya memenuhi klasifikasi dan kualifikasi,” ungkap Rudi dalam laporannya sesaat sebelum Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan membuka Bursa Kerja 2009.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan kegiatan Bursa Kerja digelar setiap tahun, namun peluang yang ada tidak pernah terpenuhi. Indikatornya adalah, bahwa tenaga kerja Batam tidak memenuhi kualifikasi baik dibidang manufacturing maupun ship yard. Batam, katanya, didesain untuk tenaga ahli dan profesional. Batam dibangun berbasis teknologi dan mengandalkan SDM yang handal.

Batam tidak seperti daerah lain yang memiliki Sumber Daya Alam (SDM) untuk dikelola. Untuk itu ketika datang ke Batam harus memiliki ketrampilan. Jika tanpa ketrampilan maka jumlah pengangguran di Kota Batam akan bertambah dan akibatnya kriminalitas meningkat.

“Jumlah penduduk Batam saat ini sudah mencapai 900 ribu lebih. Setiap tahunnya, penduduk Batam bertambah 100 ribu, sementara Batam membutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill. Untuk mengantisipasi ini, kita mengambil kebijakan untuk memperbanyak pembangunan SMK dan mengurangi pembangunan SMA,” jelasnya.

Pembukaan kegiatan Bursa Kerja tahun 2009 ini ditandai dengan pemukulan gong. Kemudian, Wako didampingi Kadisnaker meninjau stan perusahaan yang menerima lowongan pekerjaan. Diantaranya PT Unisem Batam, PT NSP Technology Batam, PT Ghim li Indonesia dan PT McDermott. Antusias warga Batam untuk mengikuti kegiatan Bursa Kerja ini terlihat dari ramainya pencari kerja yang datang. Meski cuaca siang itu sedikit panas, namun dengan penuh semangat mereka melihat persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai ketrampilan yang mereka miliki.

(*crew_humas/dv)

2 Responses for “Dahlan : Batam Butuh Tenaga Kerja Profesional”

  1. setiawan dwi purnomo SP says:

    saya sarjana pertanian kal ada low infonya ya pak…..

  2. rosikha says:

    sy punya lembaga pendidikan dn pelatihan, di bidang komputer akuntansi,teknisi kompuetr,asisten perawat kesehatan,perhotelan, baby sitter,governous,bisa hub kita

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -