140 Stand Ramaikan Batam Expo ke 10

BATAM- Untuk ke 10 kalinya Batam Expo diselenggarakan di Kota Batam, Provinsi Kepri. Batam Expo yang dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan ini diikuti oleh 140 peserta yang berasal dari 25 Provinsi di Indonesia. Event ini akan berlangsung selama lima hari terhitung, Rabu hingga Minggu (5-9/4) di gedung Sumatera Promotion Centre (SPC) Batam Centre. Direktur PT Solindo, Haerul Umaya selaku penyelenggara event ini mengatakan diselenggarakannya Batam Expo ini sejalan dengan program Visit Batam 2010. Batam Expo menurutnya telah berlangsung sejak tahun 2000 dan pada tahun ini memasuki tahun yang ke sepuluh. Menurutnya ini terlaksana berkat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Adapun jumlah seluruh peserta yang datang pada acara ini yakni sebanyak 2.000 orang yang berasal dari Provinsi NAD hingga NTT. Ia berharap melalui event ini dapat memberikan kontribusi yang besar kepada Pemko Batam sebagai Kota MICE.

“Satu stand membawa rombongan sepuluh orang. Seperti dari Jakarta Utara, membawa rombongan 40 orang. Mudah-mudahan ini berdampak bagi perekonomian Batam. Karena peserta akan tinggal di Batam selama tujuh hari tujuh malam,” paparnya.

Pengunjung yang menyaksikan acara ini, selain melihat produk yang dipamerkan juga akan dihibur dengan acara seperti lomba fashion show dan lomba percakapan Bahasa Inggris tingkat SLTA. Pada malam acara pembukaan akan tampil ustadz Yusuf Mansyur yang akan memberikan ceramah sekaligus dialog dengan pengunjung. Sementara itu, I Wayan Subawa yang mewakili Ketua BP Batam, Mustafa Widjaja dalam sambutannya menyampaikan, Batam Expo merupakan sarana efektif untuk memamerkan hasil produksi yang merupakan produk unggulan dari masing-masing daerah. Hasil produksi ini juga mempunyai daya saing yang nilainya kompetitif dan mampu bersaing dengan produk luar negeri lainnya. Pameran ini juga sangat efektif karena sebagai sarana bertukar informasi juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk promosi. Ia menghimbau agar pelaku bisnis senantiasa memperbaiki hasil produksi dan memanfaatkan peluang ini.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang didaulat membuka acara ini dalam sambutannya mengucapkan rasa syukurnya karena event ini sudah berlangsung untuk yang ke sepuluh kalinya. Acara ini menurut Dahlan sebagai wahana untuk pameran dan bisnis. Dahlan mengatakan, semula acara ini akan disejalankan dengan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kepri. Namun sejalan dengan program Visit Batam 2010 ini, Batam banyak menyelenggarakan event baik yang berskala nasional maupun internasional. Melalui event ini, Dahlan mengajak agar menjadikan Batam sebagai tempat untuk menjual produk dan tempat untuk berpromosi.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan Batam Expo, Dahlan mengatakan peminatnya cukup tinggi. Bahkan ke depan, ia berharap event ini dapat menjadi branding bagi Batam, sehingga tanpa diundang orang akan datang ke Batam karena sudah mengetahui pada bulan tersebut akan ada event ini. Dari segi jumlah peserta, Dahlan mengatakan cukup bagus. Terlebih produk yang dipamerkan adalah produk UKM. Dalam acara pembukaan itu turut hadir Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Negara Koperasi dan UKM, Untung Tri Basuki dan sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemko Batam. Pembukaan acara Batam Expo ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Untung Tri Basuki dan dilanjutkan dengan acara hiburan tarian dari Semarang dan tarian Betawi dari Jakarta. Usai pembukaan acara, dilanjutkan dengan peninjauan stand yang diawali dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan didampingi istri, Mariana Dahlan.

(crew_humas/dv)

foto lainnya**



Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -