Pelatihan Aplikasi Bisnis Bagi Usaha Kecil dan Menengah

BATAM- Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika membuka acara pelatihan aplikasi bisnis bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Politeknik Batam. Sebanyak 60 Peserta mengikuti Pelatihan Aplikasi bisnis bagi PMPK UKM yang dilaksanakan dalam dua angkatan yang masing masing angkatan berjumlah 30 peserta. Peserta yang diundang untuk mengikuti pelatihan merupakan pelaku UKM di Kota Batam, antara lain koperasi pegawai, pengerajin makanan kemasan, pengusaha mini market, pengusaha butik, maupun home industri.

Kepala Dinas PMPK UKM, Pebrialin, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini diadakan sebagai tindak lanjut kerjasama antara PT Telkom dan Pemerintah Kota Batam dalam bentuk pembinaan serta menggiatkan UKM yang ada di Kota Batam. Tentunya dengan memberikan pelatihan Aplikasi Bisnis yang dapat digunakan sebagai media promosi atau iklan produk, pembelian, mengontrol persediaan produk, akuntansi, sekaligus dapat digunakan untuk membuka jaringan bisnis diantara pengusaha, dan lain lain.

Aplikasi bisnis yang diperkenalkan kepada para pelaku usaha adalah Bonastoco, yaitu aplikasi bisnis yang mencakup modul Penjualan, POS, Pembelian, Persediaan, Keuangan, Komunikasi Bisnis dan Pasar Interaktif Internet. Sehingga sesama member atau pengguna Bonastoco dapat saling berkenalan sebelum bertukar data bisnis atau mengeluarkan Pesanan Pembelian (PO) secara online. Bonastoco merupakan aplikasi yang merupakan bundling paket produk dari PT Telkom Indonesia dengan PT Inforsys Indonesia yang dijual dengan harga khusus dengan target pasar pengguna di kalangan UKM.

Selanjutnya aplikasi yang di bangun khusus untuk sekmen kecil, menengah dan dijual secara masal. aplikasi ini juga telah di launching pada tanggal 2 Juni 2010 di Djakarta Theater yang juga di hadiri oleh Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika. Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika berharap agar pelatihan ini dapat diikuti dengan baik. Karena dapat digunakan untuk mendukung usaha kecil dan menengah baik dari segi pemasaran maupun penerapan penggunaan aplikasi akuntasinya. Selain itu juga dapat pula memperluas jaringan usaha bagi para pelaku bisnis khususnya di Kota Batam. Dengan demikian, UKM bisa menjual dan membeli produk sesama pengguna aplikasi Bonastoco dimana saja tanpa batas wilayah.
Pembukaan acara tersebut di hadiri oleh Manager Customer PT Telkom Batam, Imanudin dan Divisi Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan, PT Telkom, Munir serta dari Humas Bank Indonesia Harso dan Moh. Nuryazidi.(crew_humas/hh)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -