Humas Bekasi Pelajari Sistem Penyebarluasan Informasi Humas Batam

BATAM - Dalam rangka peningkatan pelayanan kehumasan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Bekasi, menggelar study banding ke Pemko Batam, Rabu (3/11). Mengingat tujuan study banding adalah untuk peningkatan pelayanan kehumasan, maka rombongan dari Pemko Bekasi berkunjung ke Bagian Humas Setdako Batam. Rombongan Pemko Bekasi tersebut diterima langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri.

Ketika menerima rombongan tamu dari Bagian Humas Pemko Bekasi, Yusfa didampingi oleh tiga orang Kasubag yang ada di Bagian Humas Setdako Batam. Tiga Kasubag itu yakni, Kasubag Dokumentasi, Tri Eka Jauhari, Kasubag Pemberitaan, Ratna Sari Tarigan dan Kasubag Publikasi, Yudi Admajianto. Selain ingin mengetahui struktur organisasi di lingkungan Pemerintah Kota Batam dan Bagian Humas Setdako Batam, rombongan yang dipimpin oleh Kabag Humas Pemko Bekasi, Endang Suharyadi ini juga ingin mengetahui tentang sistem penyebarluasan informasi yang berada di Bagian Humas Setdako Batam.

Banyak hal yang ingin dipelajari oleh Bagian Humas Pemko Bekasi ke Bagian Humas Setdako Batam. Seperti tentang mekanisme kemitraan antara Bagian Humas Setdako Batam dengan insan pers di Kota Batam. Kemudian mengenai agenda tahunan yang dimiliki oleh Bagian Humas Setdako Batam serta mengenai penerapan kode etik jurnalistik terhadap insan pers yang ada di Kota Batam. Mengingat telah dibelakukannya Undan-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) per 1 Mei 2010 lalu, Bagian Humas Pemko Bekasi juga menanyakan tentang pejabat pengelola informasi dan dokumentasi serta komisi informasi yang telah dibentuk. Selanjutnya mengenai sistem pembagian tugas staf Bagian Humas dalam melakukan peliputan kegiatan di lingkungan Pemko Batam.

Seluruh pertanyaan yang disampaikan tersebut dijawab oleh Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri. Mengenai mekanisme penyebarluasan informasi pada Bagian Humas Setdako Batam, Yusfa mengatakan, informasi yang berada di lingkungan Pemko Batam disebarluaskan melalui website Bagian Humas Setdako Batam, yang dapat diakses melalui www.humasbatam.com. Setiap bulannya, Bagian Humas Pemko Batam juga menerbitkan Media Batam.

Informasi yang dirilis melalui website maupun yang diterbitkan melalui Media Batam meliputi kegiatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Batam. Untuk mempublikan seluruh kegiatan di lingkungan Pemko Batam, setiap hari Bagian Humas selalu menginformasikan agenda kegiatan kepada rekan-rekan media yang posting di Pemko Batam.

“Setiap kegiatan yang ada di lingkungan Pemko Batam, selain mengajak para rekan-rekan media, tim liputan dari Humas juga kita turunkan. Kita telah membagi tim peliputan ke dalam tiga tim liputan. Tim satu, untuk meliputi kegiatan Wali Kota, tim dua untuk meliput kegiatan Wakil Wali Kota dan Tim kegiatan untuk meliput kegiatan SKPD lainnya termasuk kegiatan Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Kota Batam. Untuk masing-masing tim terdiri dari petugas fotografer, kameramen dan reporter,” papar Yusfa.

Tentunya kegiatan yang telah diliput tersebut didokumentasikan oleh anggota tim yang bertugas pada hari itu. Seperti foto kegiatan diarsipkan dalam hard disk komputer yang diurut berdasarkan tanggal, bulan dan tahun kegiatan. Selanjutnya di back up dengan burning DVD. Setiap kegiatan pimpinan yang telah diliput juga disampaikan kepada pimpinan melalui soft copy. Mengenai implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik, Yusfa mengatakan bahwa Pemko Batam melalui Badan Komunikasi dan Informasi telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi di lingkungan Pemerintah Kota Batam sudah terbentuk dengan dikeluarkannya SK Walikota Nomor KPTS.

112/HK/IV/2010, di mana Kepala Badan Kominfo ditunjuk sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemko Batam dan dalam pelaksanaannya dibantu oleh Bagian Humas Setdako Batam. Selanjutnya, Komisi Informasi untuk Kota Batam hingga saat ini Belum  ada, namun Komisi Informasi Provinsi sudah terbentuk.

Dalam kesempatan itu, Yusfa menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bagian Humas Pemko Bekasi yang telah memilih Bagian Humas Setdako Batam sebagai tempat untuk melakukan kegiatan study banding. Ia berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menjadi bahan masukan bagi Bagian Humas Pemko Bekasi. Sementara itu, Endang menyampaikan ucapan terimakasihnya karena telah diterima dengan baik oleh jajaran Humas Setdako Batam. Mengakhiri kunjungan siang itu, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri memberikan cenderamata kepada Kabag Humas Pemko Bekasi.(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -