Malam Pertama Ramadan, Wako Tarawih di Masjid Agung Batam

BATAM- Malam pertama Ramadan, Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan menunaikan Shalat Tarawih di Masjid Agung Batam, Selasa (10/8) malam. Malam itu, Wako bersama masyarakat Batam mengawali Shalat Tarawih dengan Shalat Isya berjamaah. Sebelum Shalat Tarawih dimulai, Wako berkesempatan memberikan sambutan dihadapan seluruh masyarakat Batam yang memenuhi ruangan Masjid Agung Batam. Pada kesempatan itu, Wako mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena telah diberi kesempatan untuk bersilahturahmi di Masjid Agung Batam pada awal Ramadan. Bulan Ramadan, merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia.

“Sungguh merupakan karunia yang besar sekali, karena kita telah diberi waktu untuk beribadah selama sebulan pada bulan yang penuh ampunan dan bulan yang istimewa ini,” kata Wako penuh semangat.

Wako mengingatkan, jika kita sebagai umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan penuh rasa ikhslas, Insyaallah akan diampuni dosa-dosanya. Batam, sebagai kota industri memiliki penduduk dengan karakter aktifitas yang cukup tinggi. Namun demikian, Wako mengajak agar ditengah kesibukan bekerja mencari rezeki agar dapat menyisihkan waktu untuk beribadah di Bulan Ramadan bulan yang penuh ampunan. Keinginan beribadah menurutnya datang dari dalam diri kita sendiri, sehingga dibulan yang Mubarak ini, umat muslim di Kota Batam dapat memanfaatkan sebagai momen untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dihadapan seluruh jamaah yang hadir, Wako juga menginformasikan tentang Batam Big Bazar yang akan diselenggarakan selama satu bulan penuh di sepanjang Jalan Engku Putri, Batam Centre. Di Batam Big Bazar itu, tidak hanya menjual takjil untuk berbuka tapi juga menjual pakaian muslim hingga bunga. Dari laporan yang ia terima dari masing-masing camat di Kota Batam, bahwa kegiatan bazar Ramadan juga terselenggara di kecamatan-kecamatan. Dengan diselenggarakannya Batam Big Bazar ini, maka Batam akan bisa menjadi kota yang semakin maju.

“Bazar ini untuk pertama kalinya kita gelar dan akan berlangsung hingga akhir Ramadan. Saya mengajak, mari kita ramaikan Batam Big Bazar ini dan tentunya dengan terus memohon doa kepada Allah SWT, agar kita semua diberikan pahala dan diberikan ampunan atas apa yang telah kita perbuat selama ini,” tutupnya.

Pada malam itu, ceramah agama disampaikan oleh Ketua MUI Provinsi Kepri, KH Asyari Abbas. Dalam ceramah singkatnya, ia mengatakan bahwa ibadah puasa merupakan Rukun Islam yang ke tiga dan merupakan ibadah wajib. Waktu menjalankan puasa itu pun telah ditentukan, mulai dari selesai sahur hingga tibanya waktu berbuka. Yang paling penting, puasa tersebut bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar. Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa karena tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.

“Bulan Ramadan juga merupakan bulan Mubarak atau bulan penuh ampunan. Marilah pada bulan yang penuh berkah ini, kita beribadah dan berserah diri kepada Allah SWT. Laksanakan Shalat sesuai dengan ketentuan dan doa yang selalu dibaca dalam menjalankan shalat itu,” ujarnya.

Usai menyampaikan tausiahnya, dilanjutkan dengan Shalat Tarawih yang dipimpin oleh Muslim Ahmad sebagai imam dan bilal Muhammad Rasyid Rido.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -