Rp7,4 Miliar DIPA PNPM Harus Segera Dicairkan

BATAM- Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Kota Batam tahun 2010 masih tersisa Rp7,4 miliar. Tenaga Infrastruktur I OC Kepri, Ir Ramadhan mengatakan, DIPA tersebut harus dicairkan sebelum 15 Desember 2010. Jika lewat dari waktu yang ditentukan tersebut, maka anggaran tersebut akan kembali ke pusat. Hal tersebut disampaikannya pada acara peresmian sejumlah proyek infrastruktur di Kelurahan Sagulung Kota dan Kelurahan Sei Binti Kecamatan Sagulung, Selasa (30/11). Untuk Kelurahan Sei Binti dana BLM yang belum dicairkan sebesar Rp70 juta untuk untuk Kelurahan Sagulung Kota ada sekitar Rp20 juta dana BLM yang belum dicairkan.

“Pencairannya juga harus dilakukan sebelum tanggal 15 Desember 2010,” katanya.

Di Kelurahan Sagulung Kota jumlah kegiatan yang dikerjakan pada tahun 2009 sebanyak 8 kegiatan. Dengan dana BLM sebesar Rp57 juta dan Rp25 juta merupakan swadaya dari masyarakat. Kemudian di tahun 2010 proyek infrastruktur yang dikerjakan sebanyak 3 kegiatan dengan dana BLM Rp28 juta dan swadaya masyarakat Rp22 juta. Koordinator BKM Kecamatan Sagulung, Sudaryono mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan seperti pembangunan gorong-gorong, jembatan dan Posyando. Sementara untuk di Kelurahan Sei Binti pada tahun 2010 terdapat 3 kegiatan dengan BLM Rp57 juta dan Rp 22 juta merupakan swadaya dari masyarakat. Pada tahun 2010 terdapat 3 kegiatan dengan BML Rp102 juta dan swadaya masyarakat Rp31 juta.

“Semua kegiatan ini sudah terlaksana dan berjalan dengan baik. Pekerjaan dilakukan secara bergotong royong Pak,” katanya kepada Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang meresmikan proyek-proyek infrastruktur di dua kelurahan itu.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam kesempatan itu mengatakan bahwa program PNPM sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur di Kota Batam.Pada tahun 2011 menurutnya Pemko telah mengusulkan anggaran Rp5 miliar sebagai dana pendamping. Dengan dana tersebut diharapkannya dapat mendukung kelanjutan program PNPM Mandiri Perkotaan di Kota Batam. Peresmian proyek tersebut ditandai dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati oleh Wali Kota. Turut mendampingi Wali Kota Camat Sagulung, Zulkifli.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -