Dukung Program MDGs Melalui Kegiatan Posyandu

BATAM- Ibu Wakil Walikota Batam, Ny. Hj. Suparti Ria Saptarika bersilaturrahmi ke Posyandu Anggrek 13 RW 07 Tanjung Teritip Kelurahan Tanjung Uma Kecamatan Lubuk Baja, Senin (13/12).  Pada kesempatan tersebut Ny. Suparti memberikan bantuan dana untuk operasional Posyandu kepada Ketua Posyandu Anggrek 13, Ny. Misriyah.      Dalam laporannya, Ny. Misriyah menyampaikan jumlah kunjungan balita ke Posyandu setiap bulannya berkisar antara 60 sampai 70 Balita, dan pada bulan-bulan pemberian vitamin A jumlah kunjungan meningkat menjadi ± 100 Balita dengan jumlah kader aktif sebanyak 6 orang.

Suparti menyampaikan rasa bahagia dan senangnya terhadap kader posyandu yang telah bekerja secara sukarela dan ikhlas demi kemajuan posyandu di Kota Batam khususnya di Kelurahan Tanjunguma. “Semoga jerih payah ini dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta nantinya kegiatan posyandu dapat berjalan semakin baik dari tahun ketahun,” harap Suparti.

Suparti menambahkan kegiatan posyandu merupakan bentuk kegiatan yang mendukung program pembangunan millenium atau Millenium Development Goals (MDG’s),  dimana tujuan yang ingin dicapai diantaranya adalah  menurunkan angka kematian anak serta meningkatkan kesehatan ibu. ”Melalui kegiatan Posyandu kita berangkat ke tujuan tersebut, sehingga kelak berhasil menekan angka kematian ibu dan bayi,” ucapnya.

Menurutnya, selama ini kesadaran ibu-ibu akan pentingnya Posyandu masih kurang, sehingga perlu upaya keras dari kader Posyandu bersama perangkat RT dan RW untuk menyisir dan mendata serta memotivasi warganya yang belum terdaftar di Posyandu agar mau aktif ke Posyandu guna memantau perkembangan serta kesehatan keluarganya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Uma, Raja Indra Jaya dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi yang tinggi kepada Ny. Suparti Ria Saptarika yang telah meluangkan waktunya hadir ke Posyandu Anggrek 13. Kegiatan Posyandu tersebut menurut Indra merupakan kegiatan rutin bulanan dengan kegiatan penimbangan balita, pemeriksaan kesehatan, layanan  KB pil ulangan dan kondom, pemberian vitamin A serta penyuluhan kesehatan.

“Mudah-mudahan anak-anak tersebut kelak akan menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa,” ujar Indra.

Muhtarob salah seorang tokoh masyarakat RW. 07 Tanjung Teritip berharap agar silaturrahmi tersebut dapat berkelanjutan dimasa selanjutnya dan memberikan dukungan terhadap kegiatan dilingkungan mereka.   Sesaat sebelum mengakhiri kunjungannya, Ny. Suparti diminta untuk melakukan penimbangan terhadap salah seorang balita dan meninjau ruang pelayanan Posyandu.

(crew_humas/nn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -