Peringatan HUT Kota Batam ke-181 dari Fun Day hingga Anugerah Madani

BATAM- Dalam rangka Hari Jadi Kota Batam ke-181, berbagai event telah disiapkan oleh panitia. Diawali dengan Fun Day yang digelar pada Minggu (12/12) di Dataran Engku Putri. Sebelumnya juga telah digelar Tabligh Akbar oleh Bagian Kesra Pemko Batam dalam rangka Tahun Baru Islam 1431 H. Acara Tabligh Akbar ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT Kota Batam ke-181. Peringatan Hari Jadi Kota Batam sendiri jatuh pada Sabtu (18/12).

Sempena Hari Jadi Kota Batam tersebut, akan digelar Sidang Paripurna Istimewa di ruang sidang utama DPRD Kota Batam. Paripurna Istimewa akan dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batam Surya Sardi. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika beserta Unsur Muspida akan menghadiri paripurna istimewa tersebut.

Usai paripurna istimewa, dilanjutkan dengan Ziarah ke Makam Zuriat Nong Ia yang terletak di Nongsa. Wali Kota beserta segenap tokoh masyarakat akan berziarah ke Makam Zuriat Nong Isa pada pukul 14.00 WIB. Di makan zuriat Nong Isa tersebut akan digelar doa bersama dan tabur bunga. Puncaknya pada Sabtu malam itu akan digelar Malam Anugerah/apresiasi Madani. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menganugerahkan penghargaan kepada tokoh-tokoh di Batam.

Acara yang bertajuk Penganugerahan Madani yang akan digelar di Hotel Golden View, Bengkong dan penghargaan akan diberikan kepada beberapa tokoh seperti tokoh di bidang pendidikan, agama dan seni. Menurutnya, Penganugerahan Madani ini telah berlangsung sejak setahun lalu yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Kota Batam. Pada Hari Jadi Kota Batam yang ke-180 lalu, Pemko Batam memberikan penghargaan untuk 20 orang dengan kategori, politik dan pemerintahan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Tahun lalu Anugerah Madani ini kita berikan kepada mantan Wali Kota Batam, Usman Draman, R.A. Azis dan Nyat Kadir. Kemudian dibidang pemerintahan, BJ Habibie, Ismeth Abdullah, Soerya Respationo dan Taba Iskandar yang merupakan mantan Ketua DPRD Kota Batam. Kemudian untuk tokoh penghargaan diberikan kepada Lembaga Kekerabatan Adat yang diwakili oleh Raja Zainudin dan H Makmur Ismail dari Lembaga Adat Melayu (LAM). Tahun ini kategori akan kita tingkatkan lagi,” jelasnya.

Peringatan HUT Kota Batam ini ditutup dengan Kenduri Akhir Tahun yang akan dipusatkan di Dataran Engku Putri pada Jumat (31/12) malam. Acara tahunan malam pergantian tahun ini akan dimeriahkan dengan Pesta Kembang Api. Yusfa mengimbau agar warga Batam dapat bersama-sama hadir ke Dataran Engku Putri untuk merayakan pergantian tahun 2010 dan menyambut tahun baru 2011. Katanya, Pesta Kembang Api ini juga akan dimeriahkan acara hiburan dengan menghadirkan artis ibukota.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -