Anak Sehat Investasi Bangsa

BATAM- Anak merupakan anugerah dari Allah SWT yang harus dirawat dan dilindungi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ungkapan ini disampaikan oleh istri Wali Kota Batam, Ny. Mariana Dahlan ketika menghadiri lomba balita sehat, ibu hamil sehat, serta penghargaan ibu dan bayi asi ekslusif, Sabtu (11/12) di Pulau Jaloh Kecamatan Bulang. Lomba yang digelar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-46 ini bertujuan untuk menciptakan anak yang sehat dan cerdas yang merupakan dambaan keluarga. Katanya, anak yang sehat merupakan investasi bangsa.

“Untuk itu, sebagai orang tua kita berkewajiban melakukan upaya-upaya agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Ny. Mariana dalam sambutannya.

Adapun upaya yang dapat dilakukan orang tua dalam tumbuh kembang anak harus dimulai sejak bayi dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi gizi seimbang, imunisasi dan menghindari hal-hal yang dapat menganggu kehamilan dan pertumbuhan janin. Setelah kelahiran bayi dilanjutkan dengan memberikan asi (air susu ibu) agar bayi dapat tumbuh kembang dengan baik dan optimal untuk mewujudkan manusia yang dewasa, sehat, cerdas dan tangguh. Mewujudkan itu bisa dengan memberikan gizi yang baik dan seimbang, imunisasi, kasih sayang dan pendidikan yang baik sehingga anak dapat menjalani kehidupannya sesuai dengan perkembangan zaman.

“Kenapa ini sangat perlu, karena setiap zaman itu berbeda kondisinya. Seperti saat ini kita sudah berada di zaman yang canggih. Sudah ada TV, komputer serta internet,” ujarnya.

Satu hal lagi yang perlu dilakukan orang tua adalah dengan mengajarkan anak berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan PHBS ini maka akan terwujud keluarga yang sehat dan sejahtera. Misalnya melakukan persalinan dengan tenaga kesehatan yang terampil, memberikan ASI saja pada bayi hingga usia 6 bulan dan menimbang bayi setiap bulannya.

Dalam sambutannya, Ny, Mariana juga menyebut bahwa usia tua merupakan peristiwa alamiah dan akan dialami oleh setiap manusia. Pada usia ini menurutnya akan banyak perubahan-perubahan yang terjadi. Seperti mulai menurunnya fungsi alat tubuh, daya ingat, penglihatan, pendengaran dan mulai bermunculan penyakit-penyakit.

“Mencegah itu semua dapat dilakukan dengan menerapkan PHBS, yaitu makan makanan dengan gizi seimbang, melakukan gerak tubuh atau olahraga, menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merokok. Dengan demikian pada usia tua kita akan tetap dalam kondisi sehat. Jika pun mengalami sakit, biasanya sakit ringan. Sehingga diusia tua kita tetap bisa membantu anak untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan usia kita,” jelasnya.

Dengan digelarnya lomba ini, Ny. Mariana memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara. Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh warga Pulau Jaloh untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Ny. Mariana mengakui bahwa perlu dilakukan peningkatan terhadap air bersih dan jamban yang sehat di Pulau tersebut.

Antusias masyarakat Pulau Jaloh untuk mengikuti lomba tersebut cukup tinggi. Ini terlihat dari banyaknya warga yang ikut serta dalam lomba ini. Selain membuka acara lomba, Ny. Mariana juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada pemenang. Ketua Panitia, dr. Desi Arry menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Ny. Mariana yang juga istri Wali Kota Batam yang telah bersedia hadir untuk menyaksikan lomba tersebut. Kehadiran Ny. Mariana sebagai salah satu penyemangat bagi masyarakat di Pulau Jaloh tersebut.

Turut mendampingi Ny. Mariana dalam acara tersebut, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Batam, Drg. Sri Rupiati, Ketua Pokja IV TP. PKK Kota Batam, Ny. Rosmiaty Guntur, dan anggota TP. PKK Kota Batam, Ny. Drg. Chandra, Ny. Nilawati Heriman dan Ny. Urmawati serta Ketua TP. PKK Kecamatan Bulang, Ny. Andi Ruaida Ruslan.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -