Wako Pantau Harga Sembako Menjelang Natal dan Tahun Baru

BATAM- Menjelang Natal dan Tahun Baru sebagian harga kebutuhan pokok merangkak naik. Untuk mengetahui stabilitas harga sejumlah bahan pokok di Batam, Wali Kota, Ahmad Dahlan melakukan pantauan ke Pasar Tiban Centre untuk mengecek perkembangan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru. Selain ingin mengetahui harga kebutuhan pokok di pasar itu, Wali Kota juga menanyakan ketersediaan bahan pokok serta meninjau kondisi Pasar Tiban Centre. Wali Kota yang didampingi oleh Kepala Dinas PMP-KUKM Kota Batam, Pebrialin juga berkesempatan berdialog dengan pedagang dan pembeli di pasar tersebut.

Di pasar itu Wali Kota berdialog dengan pedagang telur, minyak goreng, gula, ikan dan daging di pasar Tiban Centre. Dari dialog singkat itu diketahui harga sejumlah kebutuhan pokok mulai naik menjelang Natal dan Tahun Baru ini. Kepada Wali Kota, salah seorang pedagang mengatakan kenaikan harga ini memang terjadi dari tempat mereka membeli barang-barang tersebut. Untuk harga daging menurut para pedagang mengalami kenaikan. Namun kenaikan tidak signifikan sehingga tidak begitu berpengaruh pada penjualan.

“Harga sebagian bahan pokok memang naik. Namun tidak ada gejolak yang signifikan,” ujar salah seorang pedagang kepada Wali Kota.

Sementara untuk ketersediaan bahan pokok tersebut para pedagang di Pasar Tiban Centre mengatakan bahwa ketersediaan bahan-bahan pokok tersebut mencukupi untuk keperluan Natal dan Tahun Baru. Untuk harga besar dari berbagai jenis mengalami kenaikan rata-rata Rp10 ribu untuk ukuran 25 Kg. Jika sebelumnya harga beras Super dan Setra Ramos sebelumnya per karung ukuran 25 Kg seharga Rp195 ribu naik menjadi Rp205 ribu.

Beras merk Rambutan sebelumnya Rp175 ribu naik menjadi Rp185 ribu ukuran 25 Kg. Sedangkan untuk harga beras umum jika sebelumnya Rp155 ribu naik menjadi Rp165 ribu. Rata-rata harga beras naik Rp500 untuk semua jenis beras. Pedagang mengatakan bahwa kenaikan harga beras ini disesuaikan dengan kenaikan harga grosir beras. Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

“Kenaikan bukan karena faktor hujan atau karena menjelang Natal dan Tahun Baru. Melainkan disebabkan oleh menipisnya pasokan beras dari tingkat agen ke pengecer,” ujar salah seorang pedagang memberi alasan penyebab naiknya harga beras.

Dalam dialognya bersama dengan warga yang tengah berbelanja, beberapa ada warga yang mengeluhkan kenaikan harga bahan pokok tersebut. Harapan mereka harga kebutuhan bahan-bahan pokok normal kembali. Saat meninjau ke Pasar Tiban Centre, Wali Kota didampingi oleh Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -