Wako Sambut Wisman Pertama di Awal Tahun 2010

BATAM-Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyambut Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung pertama di awal tahun 2010, Jumat (1/1) di terminal Fery International Batam Centre. Turis asal Singapura yang disambut pagi itu berjumlah 48 orang yang datang menggunakan Kapal Fery Penguin. Penyambutan itu ditandai dengan pengalungan karangan bunga dan penyerahan cinderamata oleh Walikota. Dua orang Wisman yang menerima karangan bunga dari Walikota yakni Asna Binti Abdurrahman dan Azhar Nurlista asal Singapura. Dalam sambutan singkatnya, Walikota mengucapkan selamat datang kepada Wisman yang bari tiba di Batam. Walikota juga mengatakan agar selama di Batam para Wisman merasa senang dan betah. Ia juga menyebut bahwa Batam merupakan pulau yang indah dan bergerak di sektor jasa, industri dan pariwisata.

Atas sambutan yang dilakukan oleh Pemko Batam, Asnah mengucapkan terimakasih dan mendoakan agar Batam sukses dan jaya selalu. Beberda dengan Azhar, Wisman asal Singapura ini merasa berada di rumah sendiri setiap kali berkunjung di Batam. Batam merupakan pulau yang indah dan ia berkunjung tidak hanya dikunjungi setiap kali liburan namun setiap kali ada kesempatan.

“Batam sudah jadi saudara karena kita serumpun, sama-sama melayu. Tak Melayu Hilang di Bumi,” katanya bangga.

Lebih lanjut Walikota mengatakan bahwa pagi itu Batam telah menerima kunjungan rombongan Wisman diawal tahun 2010. Tidak hanya di Terminal Fery International Batam Centre tapi juga turis yang masuk melalui Harbour Bay, pelabuhan Terminal Fery Internasional Sekupang dan Nongsa Pura. Visit Batam 2010, tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan Wisman namun bagaimana menatanya.

“Bali terkenal sebagai tempat kunjungan Wisman, namun butuh waktu panjang untuk mencapai itu semua. Untuk itu perlu dirubah pemikiran tentang pariwisata merupakan tugas pemerintah. Pemerintah hanya sebagai pemicu dan yang berperan adalah masyarakat dan pebisnis,” jelasnya.

Harapan pariwisata Batam di tahun 2010 ini, pariwisata Batam lebih maju. Saat ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam telah menetapkan berbagai objek wisata dan membuat event menjadi event tahunan. Dengan demikian dalam waktu 3 sampai 4 tahun mendatang, Batam menjadi pintu masuk Indonesia khususnya bagian barat. Kenapa? Karena sampai saat ini untuk wilayah Sumatera masih belum tergarap. Bicara mengenai target kunjungan Wisman ditahun 2010, Walikota mengatakan target sebanyak 1,2 juta orang. Meningkatkan minat Wisman ke Batam, Pemko menurutnya akan terus memberikan kemudahan dengan cara mempermudah akses dan meningkatkan infrastruktur di Kota Batam.

Siapkan 15 Event di Tahun 2010

Tahun 2010 ini, Disparbud telah membuat kalender event yang diselenggarakan oleh Pemerintah, swasta dan pemerintah bersama pihak swasta. Event ini akan dilaksanakan pada bulan Januari-April, Mei-Agustus dan Agustus-Desember. Dalam waktu dekat Turi Beach akan menyelenggarakan lomba layer internasional, dimana Batam dijadikan sebagai tempat persinggahan kapal-kapal internasional. Selain itu juga akan diadakan Chinese Festival dengan berkerja sama dengan Persatuan Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). Kemudian melakukan penataan infrastrukstur perkotaan yakni memperbaiki 150 titik lampu penerangan di kawasan Jodoh dan Nagoya. Penataan median jalan di taman kota, penataan landscape dan lampu hias, seta revitalisasi halte, semuanya bertujuan untuk meningkatkan sisi estetika di setiap sudut kota.

Selanjutnya mengoptimalkan objek wisata yang dimulai dengan penataan jembatan Barelang I. Tim Visit Batam menurutnya akan menata samping kiri dan kanan jembatan tersebut dengan membuat parking area dan community area. Juga akan dibangun sebuah stage (panggung) di bawah jembatan Barelang sebagai tempat kegiatan konser dan sebagainya. Nantinya setiap acara yang digelar di stage ini akan punya pemandangan background Jembatan Barelang I. Di sini juga akan dibangun outlet tourist/information centre. Juga fasilitas toilet umum, selain itu di kedua ujung jembatan akan dibangun menara pandang dengan memanfaatkan kemiringan yang ada. Hal ini digunakan sebagai objek dalam pengambilan foto.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -