Masyarakat Dihibur Kesenian Kuda Kepang

BATAM- Pada peresmian proyek infrastruktur Program Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM) Mandiri, Kamis (2/12) masyarakat di Kelurahan Mangsang dan Kelurahan Muka Kuning dihibur dengan atraksi kesenian Kuda Kepang Sekar Kencana. Meski ditengah guyuran hujan, para pemain Kuda Kepang tersebut tetap melanjutkan atraksinya untuk menghibur masyarakat di Kecamatan Sei Beduk itu. Proyek infrastruktur PNPM Mandiri di dua kelurahan itu diresmikan oleh Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan. Kehadiran Wako tersebut langsung mendapat sambutan yang sangat antusias dari  masyarakat setempat.

Adapun proyek infrastruktur PNPM Mandiri Perkotaan yang berhasil dikerjakan oleh masyarakat di Kelurahan Mangsang pada tahun 2009 terdiri dari 9 kegiatan. Diantaranya pembangunan jembatan dengan anggaran Rp5 juta, pembangunan Posyandu, pemasangan kanopi, pembangunan batu miring senilai Rp1,9 juta, drainase Rp5 juta. Dan pada tahun 2010 kegiatan yang dikerjakan yakni pembangunan drainase dan bak kontrol senilai Rp10,6 juta dari dana BLM dan Rp5 juta bersumber dari dana swadaya masyarakat. Selanjutnya yakni pembangunan drainase dan jembatan dengan anggaran Rp9.450 dana BLM dan Rp3.373 merupakan swadaya masyarakat.

Sementara proyek infrastruktur di Kelurahan Muka Kuning pada tahun 2009 berupa semenisasi jalan Rp28 juta dan semenisasi jalan di lokasi lainnya senilai Rp19 juta. Kegiatan pada tahun 2010 yakni semenisasi jalan masing-masing senilai Rp37 juta dan Rp57 juta. Atas rampungnya pekerjaan infrastruktur ini, Suwisnu selaku Koordinator BKM Kota Batam menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Koordinator BKM Kelurahan Mangsang dan Kelurahan Muka Kuning. Tentunya proses penyelesaian proyek tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat.

“Mari kita terus berstau padu untuk membangun infrastruktur di Kota Batam. Proyek PNPM ini sengaja diluncurkan untuk menggalang persatuan antar masyarakat di Kota Batam,” ucapnya.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa program PNPM Mandiri Perkotaan ini merupakan program percepatan dalam pembangunan di daerah dan pengentasan kemiskinan. Pemko Batam, ungkapnya pada tahun 2011 mendatang akan menganggarkan Rp5 miliar sebagai dana pendamping untuk PNPM Mandiri Perkotaan. Di Kota Batam, program PNPM mendapat sambutan positif dari masyarakat. Karena dari awalnya hanya di dua kecamatan kini telah dilaksanakan di 64 kelurahan di 12 kecamatan. Peresmian proyek-proyek itu ditandai dengan pembukaan kain selubung proyek dan pengguntingan pita Posyandu Sakura I RW XVII.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -