Batam Uji Coba Project PJU Berbasis Digital

BATAM- Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menghadiri presentasi sistem informasi Penerangan Jalan Umum (PJU) berbasis digital, Kamis (25/11) di Golden View Hotel. Presentasi tersebut disampaikan oleh PT Todo Mareva Lumitor, yang diwakili oleh Kholik Hermawan dan Zulfan. Dalam presentasinya Kholik mengatakan bahwa latar belakang pemikiran adalah untuk mempermudah pemerintah dalam pengelolaan PJU di Kota Batam yang saat ini telah terbangun sebanyak 9.277 titik PJU. Sistem pengelolaan dan pengendalian yang dilaksanakan saat ini sangat tidak efisien dan hasil yang diharapkan jauh dari yang diinginkan. Oleh sebab itu diharapkan ada perubahan yang lebih baik lagi dari sistem pengelolaan dan pengendalian yang mudah dan efisien (otomatisasi).

Kholik menambahkan peningkatan pelayanan PJU terhadap masyarakat, dari pengelolaan PJU secara manual menjadi integrated dan digital dalam akses informasi (berbasis sistem informasi geografis-SIG), kontrol dan pemeliharaan menggunakan Web Base, GSM dan GPRS. Menurut Kholik PJU berbasis digital baru satu-satunya di Indonesia yang akan diterapkan di Batam. Sebagai Pilot Projectnya dilakukan di daerah Sekupang.

Manfaat dari project tersebut diantaranya sebagai project uji coba sistem penghematan konsumsi energi PU dengan mengoptimalisasi waktu pemakaian lampu, inventarisasi umur lampu, tiang dan alat lain serta berbasis web. Sehingga kapanpun dan dimanapun dapat memantau dan mengendalikan lampu jalan. Selain itu, sistem ini memberikan informasi terpusat tentang lampu jalan. Waktu penyalaan lampu, lampu yang rusak dan dapat memberikan laporan berbentuk grafis.

Sementara Ria dalam sambutannya berharap pertama project tersebut dapat mengontrol kondisi lampu jalan apakah hidup atau mati sehingga dapat dilakukan langkah antisipasi secara cepat dan akurat. Kedua adanya manfaat efisiensi energi maupun dana. Ketiga, proses pengontrolan bisa dilakukan atau dikembangkan untuk tujuan-tujuan khusus. Diantaranya untuk daerah yang tidak terlalu ramai maka ada sensor khusus tentang kesibukan titik itu sehingga lampu dapat dimatikan dan efisiensi energi diperoleh. Pengelolaan PJU secara digital merupakan salah satu bentuk konsistensi Ria terhadap perkembangan Batam digital Island.

Selain itu Ria menganjurkan kepada Dinas Pekerjaan Umum yang menangani project tersebut untuk selalu berkoordinasi dengan Badan Kominfo terkait pengembangan IT. Sehingga saat ada keinginan untuk integrasikan data, maka hal tersebut dapat dilakukan jadi masing-masing SKPD tidak jalan sendiri-sendiri. Dan Ria menambahkan, project aplikasi tersebut open source sehingga jika project telah selesai maka tidak bergantung lagi pada pembuat aplikasi tersebut. Di akhir sambutannya Ria meminta pihak PT Todo memberikan peta GIS dengan format standar dan point interestnya baik format map info agar dapat di evaluasi secara langsung. Turut mendampingi Ria dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Yumasnur dan jajaran Kabid serta staf di jajaran Dinas PU.

(crew_humas/nn)

1 Response for “Batam Uji Coba Project PJU Berbasis Digital”

  1. iyuk silver says:

    semoga berjalan sesuai dengan yg diinginkan…

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -