Wako Canangkan Pekan Imunisasi Campak dan Polio Tingkat Kota Batam

BATAM - Pekan Imunisasi Campak dan Polio Tingkat Kota Batam dicanangkan Rabu (6/10). Pencanangan yang dilakukan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dipusatkan di Posyandu Kampung Baru, Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang. Pada kesempatan itu, Wali Kota, Ahmad Dahlan bersama dengan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika memberikan Imunisasi Polio dengan cara meneteskan vitamin sebanyak dua tetesan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal menuturkan pelaksanaan Kampanye Imunisasi Campak dan Polio tingkat Kota Batam dilaksanakan selama sebulan yakni di Bulan Oktober. Kampanye Imunisasi Campak dan Polio ini menurutnya dibagi menjadi dua tahap, yakni minggu pertama-kedua untuk tahap pertama dan minggu ketiga-keempat di Bulan Oktober untuk tahap ke dua.

“Pada kampanye di minggu pertama-kedua petugas kesehatan akan memberikan imunisasi kepada bayi dan balita se Kota Batam. Sementara pada tahap ke dua, yakni di minggu ke tiga dan ke empat, kita akan melakukan sweeping terhadap bayi dan balita yang belum mendapat imunisasi pada minggu pertama dan kedua,” jelas Chandra dalam sambutannya.

Masyarakat yang ingin memberikan imunisasi kepada bayi dan balitanya dapat datang ke Posyandu, Pustu, Polindes, Puskesmas, RSUD, Pelabuhan-pelabuhan laut dan udara serta taman kanak-kanak usia dini yang tersebar di Kota Batam. Untuk Imunisasi Campak diberikan secara suntikan di lengan kiri atas pada anak usia 9 sampai dengan 59 bulan. Sementara Imunisasi Polio ini diberikan secara tetesan di mulut sebanyak 2 tetes pada anak usia 0 sampai dengan 59 bulan.
Adapun sasaran Balita yang akan diimunisasi Campak berjumlah 84.072 orang dan sasaran bayi yang akan diimunisasi Polio berjumlah 98.684 bayi dan balita. Dengan jumlah kader yang membantu petugas kesehatan 1.948 orang.

Para kader kesehatan tersebut bertugas untuk membantu 622 tenaga kesehatan yang tersebar di 328 Posyandu se Kota Batam. Dalam kesempatan itu, Chandra mengajak kader kesehatan untuk dapat menggerakkan masyarakat atau orang tua yang memiliki bayi dan balita untuk beramai-ramai mendatangi Posyandu untuk memberikan imunisasi pada anak-anaknya. Hingga 6 Oktober 2010, jumlah Bayi di Kota Batam sebanyak 86.100 jiwa.

“Imunisasi ini sangat penting bagi anak, agar anak tidak tertular dari penyakit Campak dan Polio atau tidak menularkan penyakit tersebut kepada orang. Termasuk untuk menghindari kemungkinan terjadinya wabah Campak dan Polio di Kota Batam,” pungkasnya.
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang mencangkan Pekan Imunisasi Campak Polio, mengatakan manfaat Imunisasi Campak dan Polio sangat besar. Kepada kader dan petugas kesehatan yang bertugas memberikan imunisasi Wali Kota berpesan agar tidak hanya memberikan imunisasi, melainkan juga memberikan penjelasan tentang penyakit Campak dan Polio tersebut.

Pencangan Pekan Imunisasi Campak dan Polio ini merupakan program pemerintah, mengingat kesadaran masyarakat terhadap ancaman penyakit tersebut relatif rendah. Pasalnya, penyakit Campak dan Polio tidak seperti penyakit flu dan batuk yang sifatnya langsung dirasakan oleh penderita. Sementara penyakit Campak dan Poliio ini sifatnya proteksi terhadap diri.
“Petugas kesehatan juga harus memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang apa itu Campak dan Polio. Sehingga masyarakat kita paham dan mengetahui tentang bahaya penyakit tersebut,” tuturnya.

Kepada masyarakat yang memberikan Imunisasi kepada anaknya, Wako berpesan agar dapat menjaga dan memperhatikan pertumbuhan anak-anaknya. Karena anak-anak itu lah yang nantinya akan melanjutkan pembangunan Batam. Dengan imunisasi yang diberikan diharapkan terwujud anak-anak yang sehat sehingga menghasilkan SDM yang handal. Sebelum memberikan tetesan imunisasi Polio, Wako bersama dengan Wawako berkesempatan melepas balon sebagai tanda dimulainya pencanangan Pekan Imunisasi Campak dan Polio di Kota Batam. Selain Wako dan Wawako yang memberikan tetesan imunisasi Polio, Wakil Ketua Penggerak PKK Kota Batam, Suparti Ria Saptarika dan Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam, Syamsul Bahrum turut serta memberikan tetesan imunisasi pada pagi itu.(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -