Sistem Informasi Geografi Untuk Permudah Penyediaan Data Tata Ruang Digital

BATAM – Geographic Information System (GIS) merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. GIS memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data.Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.
Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika menghadiri presentasi tentang GIS, Jumat (9/10) di Lantai 5 Kantor Walikota Batam. Presentasi dilakukan oleh konsultan dari PT Infotek Perdana. Presentasi tersebut disponsori oleh Bapeko Batam. Menurut perwakilan dari PT Infotek Perdana Rahmad tekonologi yang digunakan berupa software GIS, Software Web GIS, database berbentuk My-SQL dan Front End yang berbentuk HTML dan PHP.

Tujuan pokok dari pemanfaatan GIS adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek. Data-data yang diolah dalam GIS pada dasarnya terdiri dari data spasial dan data atribut dalam bentuk digital, dengan demikian analisis yang dapat digunakan adalah analisis spasial dan analisis atribut. Data spasial merupakan data yang berkaitan dengan lokasi keruangan yang umumnya berbentuk peta. Sedangkan data atribut merupakan data tabel yang berfungsi menjelaskan keberadaan berbagai objek sebagai data spasial.

Rahmad mengatakan bahwa GIS akan memberi nilai tambah pada kemampuan pengindraan jauh dalam menghasilkan data spasial yang besar dimana pemanfaatan data pengindraan jauh tersebut tergantung pada cara penanganan dan pengolahan data yang akan mengubahnya menjadi informasi yang berguna.

Ria mengatakan Applikasi GIS saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi GIS kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan Web GIS. Hal ini disebabkan karena pengembangan applikasi di lingkungan jaringan telah menunjukan potensi yang besar dalam kaitannya dengan geo informasi.

Sebagai contoh adalah adanya peta online sebuah kota dimana pengguna dapat dengan mudah mencari lokasi yang diinginkan secara online melalui jaringan intranet/internet tanpa mengenal batas geografi penggunanya. Secara umum Sistem Informasi Geografis dikembangkan berdasarkan pada prinsip input/masukan data, managemen, analisis dan representasi data.

Itulah salah satu alasan Ria menggunakan GIS. Dari seluruh SKPD di Kota Batam diantaranya Dinas Pendidikan, Badan Penanaman Modal, Dinas Pekerjaan Umum, Bapedalda, Dinas Perhubungan, Kesra, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, jika sistem tersebut telah terbangun akan merasakan manfaatnya. Sebagai contoh: selama ini program PU yang berupa pembangunan jalan tidak terkumpul jadi satu, dengan GIS tersebut akan terlihat pembangunanya.

Pihak konsultan baru memetakan beberapa informasi dari Dinas Pariwisata diantaranya letak hotel di Batam, tempat rekreasi, pelabuhan, bandara, pemerintahan, SPBU dan pos Polisi. Keunggulan program GIS yang mereka tawarkan lebih dipadukan dengan tata ruang.

Ria meminta konsultan tidak hanya memberikan kelengkapan data tapi juga memberikan keakuratan derajad busurnya. Sehingga letak yang dipetakan benar. Ria berharap kedepannya sistem tersebut dapat memberikan kemudahan bagi kerja SKPD khususnya dan masyarakat pada umumnya yang membutuhkan informasi Batam berdasarkan posisi geografinya.

(*humas_crew/nn)

5 Responses for “Sistem Informasi Geografi Untuk Permudah Penyediaan Data Tata Ruang Digital”

  1. Rachman Achmad Subangmas says:

    Sistem informasi grafis pada era modern ini adalah tuntutan zaman, tidak boleh tidak IT sangat memegang peranan penting sebagai gerbang informasi saat ini, Dengan prensentase GIS yang disponsori Bapeko Batam oleh PT Infoptek Perdana diharapkan akan menjadi ujud nyata dalam menyajikan data baik data spasial (grafis) maupun atribut, yang kesemuanya sangat2 dibutuhkan semua pihak, apalagi bagi investor yang melirik potensi Batam tanpa mengunjungi Batam mereka akan mendapatkan gambaran/ informasi sebanyak2nya, informasi seperti inilah yang selama ini sulit didapat.
    Contoh China,vetnam, thailand, terakhir Malaysia awalnya mereka belajar dari Batam, kini mereka maju pesat,kita tertinggal jauh dari China, salah satu faktornya adalah miskinnya informasi dan kepastian hukum kita.
    semakin banyak informasi potensi wilayah yang bisa dikembangkan, apalagi semua Dinas terkait turun kelapangan menggali potensi sebanyak2nya, kami yakin investor akan berlomba-lomba datang ke Batam yang kita cintai ini.
    contoh sederhana pada pertemuan pengusaha Arab dan Pemerintah kita, salah satu minat mereka dibidang parawisata, oleh pemerintah kita pada waktu itu menawarkan Lampung dan Madura, padahal potensi kita dibidang parawisata cukup banyak , seperti p.Abang, Rempang , Galang, bahkan Pulau Subangmas juga mempunyai big potensial parawisata alam, bahari, resort, budaya dan Religi, tambah didukung alamnya yang exotic, sekarang tinggal keseriusan kita lagi mau dikemanakan potensi Batam ini.
    Menurut hemat kami dari pembelajaran inilah, Informasi GIS memang sangat dibutuhkan, jika kita tidak mau ketinggalan dari daerah lain.
    Bravo humas Batam.
    Demikian dari kami suara hati anak pulau

  2. Mahmud Setiawan says:

    Saya sangat setuju seperti apa yang Bang Rachman Achmad katakan, sekarang ini boleh dibilang sudah jaman digital kominukasi dan telekomunikasi. Segala sesuatu yang berhubungan dengan data- data sudah bisa di akses melalui jaringan internet, dan untuk urusan surat menyurat juga sudah bisa diselesaikan dengan cepat. Terutama data- data harus selalu update singgga user-user bisa mengakses data dengan cepat dan terbaru. Kebijaksanaan Pemko Batam tentang percepatan pengetahuan Informasi dan Telekomunikasi ini harus kita dukung.

  3. M. Taufiq ST. MSi says:

    Wah bagus tuh batam kembangkan terus web GIS… kalau kesulitan untuk membuatnya bisa hubungi kami.. , kita buatkan web GIS pakai ASP Map…sukses selalu…

  4. fitri says:

    Dengan GIS semakin mudah menganalisis data…keep berbagi!

  5. Allied Telesis says:

    ternyata dengan ada nya GIS sangat membantu,karena sekarang ini sangat dibutuhkan sistem seperti ini.ada nya berita di artikel ini saya mendapat banyak masukan.thanks

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -