Shalat Idul Adha Dipusatkan di 373 Titik

BATAM- Kantor Kementrian Agama Kota Batam telah menetapkan 373 titik lokasi tempat dilaksanakannya Shalat Idul Adha 1431 Hijriah pada Rabu (17/10) yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Batam. Penetapan itu berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor kementrian Agama Kota Batam Nomor 291 Tahun 2010, tentang penetapan tempat, Bilal, Imam dan Khatib Shalat Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijajah 1431 Hijriah. Sementara itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan menunaikan Shalat Idul Adha di Masjid Agung, Batam Centre.  Sementara Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika akan mengikuti Shalat Ied di Lapangan Perumahan Taman Lestari Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Ajii dan dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban oleh Wawako. Berdasarkan hasil rapat panitia Idul Adha 1431 yang bertindak sebagai khatib di Masjid Agung adalah  Drs.H. Zulkifli Aka, M.Si, selaku Imam, Muslim Ahmad dan Bilal H Hasyim. Shalat Ied akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sampai selesai.

“Shalat Ied ini akan dilaksanakan di Masjid Agung Batam Centre. Usai Shalat Ied baru dilaksanakan pemotongan hewan,” ujar Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri.

Usai mengikuti Shalat Idul Adha, Walikota bersama dengan unsur Muspida Kota Batam akan menyaksikan pemotongan hewan qurban di samping Masjid Agung Batam Centre. Untuk pelaksanaan qurban, Pemko Batam menyumbangkan 11 ekor sapi dan 35 ekor kambing yang disebar di 46 majid dan mushala di Kota Batam. Untuk pelaksanaan hewan qurban di Masjid Raya, secara simbolis, Walikota akan menyerahkan hewan qurban dari Pemko kepada panitia pelaksana. Selain di Masjid Raya, tiap SKPD di lingkungan Pemko Batam juga melaksanakan pemotongan hewan qurban. Data sementara hewan qurban yang terkumpul se Kota Batam 1.348 yang terdiri dari 410 sapi dan 938 kambing.

Semarak Qurban

Siang harinya, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan menghadiri event Semarak Qurban yang digelar oleh Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kota Batam. Hewan qurban yang akan disembelih sebanyak 13 ekor yang terdiri dari 12 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Hewan qurban tersebut merupakan hewan yang terkumpul dari 15 orang Wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang ingin berqurban di Batam.

Tahun ini Semarak Qurban akan digelar di lapangan Sepak Bola Geladi Bakar Jaya Akbar Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Rabu (17/11). Untuk menyemarakkan acara Semarak Qurban ini, maka masyarakat dan Wisman akan disuguhi berbagai hiburan. Katanya, acara Semarak Qurban ini akan diawali dengan penyembelihan hewan qurban pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Pada pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB acara dilanjutkan dengan tausiah dan acara hiburan.

Masyarakat akan mendengarkan tausiah yang akan disampaikan oleh Ustadz Koko Liem dari Jakarta. Acara hiburan pada Semarak Qurban tersebut berisi dengan berbagai hiburan dari Teater Makyong, Musik Gazal/Orkes Melayu, Fashion Show Busana Muslim dan Musik Islami. Yang menarik pada acara Semarak Qurban tahun ini, panitia akan membuat panggang sate sepanjang 200 meter. Acara Semarak Qurban ini akan berlangsung hingga malam hari yakni dengan adanya acara Malam Hiburan Rakyat yang akan digelar dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB.

“Akan ada pemanggangan sate yang sepanjang 200 meter dan masyarakat dapat dengan bebas mengambil atau membakar sendiri. Panitia telah mempersiapkan semuanya dan kita akan mengundang pondok pesantren dan majelis taklim di Kota Batam. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah Wisman yang akan berkunjung ke Batam,” pungkasnya.

Pemko Gelar Pawai Takbir Keliling

Sebelum pelaksanaan Shalat Ied pada Rabu (17/11), pada Selasa (16/11) malam akan digelar pawai takbir keliling. Kegiatan pawai takbir keliling diikuti oleh pihak kecamatan dengan mengirimkan kendaraan hias dan akan dilombakan. Masing-masing kecamatan minimal mengirimkan lima unit kendaraan hias. Seluruh kendaraan hias yang ikut serta dalam pawai takbir ini akan dinilai untuk diperlombakan. Selain pihak kecamatan, instansi vertikal, SKPD, BUMD serta Ormas Islam diminta partisipasinya untuk meramaikan pawai takbir keliling tersebut. Pawai Takbir Keliling itu akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika beserta unsur Muspida Kota Batam.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -