Maknai Hari Pahlawan dengan Meningkatkan Rasa Kesetiakawanan Sosial

BATAM- Upacara Peringatan Hari Pahlawan berlangsung khidmat, Rabu (10/11) di Lapangan Sport Hall Temenggung Abdul Jamal. Upacara yang dipimpin langsung Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di hadiri pula oleh Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Batam dan juga para veteran di Kota Batam, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Batam serta anggota dan Ketua DPRD Kota Batam. Peristiwa besar pertempuran 10 November 1945 di Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda. Peringatan Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang. Upacara kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama 60 detik untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang gugur. Peringatan Hari Pahlawan ini, hendaknya dapat dimaknai dengan meningkatkan rasa kesetiakawanan sosial.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan ketika membacakan amanat Mentri Sosial, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Nilai Kepahlawanan Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial Nasional”, hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan untuk mengatasi berbagai masalah yang tengah melanda bangsa Indonesia. Berbagai masalah yang dihadapi mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, keterpencilan sampai pada bencana alam serta masalah sosial lainnya, bersama-sama memerlukanperhatian dan keseriusan kita untuk menanggulanginya.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan rasa kesetiakawanan sosial sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai salah satu modal untuk menyelesaikan masalah bangsa. Marilah melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan  tahun 2010 ini, kita rapatkan barisan berjuang membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, sehingga Bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang berdiri sejajar dengan Negara lain di dunia serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga.

Pertempuran para pahlawan ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan merupakan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

(crew_humas/hw)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -