Wako Resmikan Proyek PNPM Mandiri Kelurahan Bengkong Laut

BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan meresmikan sejumlah proyek PNPM Mandiri Tahun 2009-2010 di Kelurahan Bengkong Laut Kecamatan Bengkong, Minggu (7/11). Peresmian proyek PNPM Mandiri tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wali Kota disertai dengan penandatanganan prasasti Posyandu Mawar 16 RW 08 Kelurahan Bengkong Laut. Adapun proyek PNPM Mandiri yang diresmikan tersebut berupa rehab Posyandu, semenisasi jalan, pekerjaan parit, batu miring,semeninasi dan jalan serta perbaikan parit yang dikerjakan pada tahun 2009. Sedangkan proyek yang dikerjakan pada tahun 2010 yakni berupa pembangunan batu miring, semenisasi jalan dan rehab Posyandu.
Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Bengkong Laut, Asmawi Nasution mengatakan bahwa pada tahun 2010 anggaran PNPM Mandiri yang dikucurkan oleh pemerintah pusat berjumlah Rp13.585 miliar. Direncanakan pada tahun 2011 pagu anggaran untuk PNPM Mandiri berjumlah Rp7.220 miliar dari pusat. Pembangunan sejumlah proyek tersebut sebagian berasal dari anggaran pemerintah dan dana swadaya dari masyarakat. Kecamatan Bengkong menurutnya telah membentuk forum komunikasi antar BKM se Kecamatan Bengkong yang terdiri dari empat kelurahan. Ke depan ia mengharapkan dagar terbentuk Forum Komunikasi antar BKM se Kota Batam. Dengan demikian maka program pengentasan kemiskinan di Kota Batam dapat ditangani secara bersama.

“Untuk mendukung program pemerintah pusat yang telah dicanangkan oleh Presiden ini, kami juga mengharapkan dukungan dari Pemko Batam. Melalui program ini maka kita bisa membangun kemandirian untuk menanggulangi kemiskinan. Untuk itu kami harapkan dukungan dari Pemko Batam sehingga dapat meningkatkan anggaran untuk program PNPM Mandiri ini,” ujar Asmawi dalam sambutannya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Asmawi, Koordinator PNPM Kota Batam, Wisnu mengatakan bahwa dari tahun 2009-2010 dana PNPM yang telah dikucurkan oleh pemerintah berjumlah lebih dari Rp13 miliar. Namun untuk percepatan pengentasan kemiskinan di Kota Batam, menurutnya perlu sharing anggaran dari Pemko Batam. Wisnu mengatakan bahwa Pemko Batam telah menganggarkan dana sebesar Rp1 miliar untuk Kecamatan Galang dan Bulang. Harapannya, ke depan Pemko Batam dapat memberikan dukungan berupa anggaran untuk pengentasan kemiskinan ini.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengucapkan terimakasihnya karena masyarakat Bengkong Laut telah memberikan kontribusi luar biasa terhadap pendampingan program PNPM Mandiri ini. Pemko Batam, ujarnya, komite memberikan dukungan untuk pengentasan kemiskinan melalui program PNPM Mandiri. Karena tujuan dari program yang dicanangkan presiden ini adalah untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Pada kesempatan itu, Wali Kota mengajak seluruh warga di Kecamatan Bengkong untuk dapat bersama membangun Batam. Karena tujuan awal datang ke Batam adalah untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan.

“Pemerintah Kota Batam komit untuk mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui PNPM Mandiri ini. Anggaran kegiatan ini bersumber dari Pemerintah pusat, Provinsi, Pemko Batam serta dari swadaya masyarakat. Dari banyaknya program kegiatan yang telah selesai dikerjakan, saya memberikan apresiasi, karena masyarakat di Kelurahan Bengkong Laut telah sukses mendukung pembangunan di Kota Batam,” ujarnya.

Kedatangan Wali Kota pada acara tersebut mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat ke Kelurahan Bengkong Laut yang terdiri dari RT 1 hingga RT 06. Ungkapan terimakasih tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Suyanto yang dalam kesempatan itu mengatakan bahwa di kelurahan mereka telah terbentuk remaja masjid dan anggota karang taruna. Turut hadir dalam acara itu, Camat Bengkong, Umiyati, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, Azwan serta Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga, Jefridin. Dari DPRD Kota Batam terlihat hadir Mesrawati Tampubolon.

Usai menghadiri peresmian sejumlah proyek PNPM Mandiri di Kelurahan Bengkong Laut, Wali Kota pun melakukan peletakan batu pertama pembangunan Posyandu Nusa Indah 27 di Kavling Senjulung RT 03 RW 20 Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Pembangunan posyandu ini melalui program PNPM Mandiri yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp20 juta.
Ketua RW 20, Suwito mengatakan di RW 20 kegiatan posyandu sudah berjalan dan sementara menumpang di Mushalla. Dengan dibangunnya posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan anak-anak yang ada di Kavling Senjulung.

Wali Kota dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan Kota  Batam akan mengarah ke timur (Kabil) Nogsa, contoh galangan kapal dan industri di Kabil. Ini akan menciptakan lapangan kerja yang tentunya dapat menyerap masyarakat Kabil sehingga dapat meningkatkan kesejahtraan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyerahkan bantuan pembuatan tempat pembuangan sampah (TPS) dan bantuan mobiler untuk posyandu. Ia berharap posyandu tersebut dapat selesai dengan cepat sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Hadir pada acara tersebut Camat Nongsa, Alwi, Lurah Kabil Abidun Pasaribu dan sejumlah kader posyandu Nusa Indah 27.(crew_humas/dv)

foto lainnya**


Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -