Semarak Qurban, Sajikan Sate Sepanjang 2 Meter

BATAM- Dalam rangka Idul Adha 1431 H, Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kota Batam kembali menggelar Semarak Qurban. Semarak Qurban ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Disparbud Kota Batam. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Guntur Sakti mengatakan, hewan qurban tersebut merupakan hewan dari Wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang ingin berqurban di Batam. Jika selama ini qurban dilakukan secara sendiri-sendiri oleh masing-masing Wisatawan, maka Disparbud mengumpulkan hewan qurban tersebut. Data terakhir yang masuk ke Disparbud jumlah Wisman yang akan berqurban sebanyak 25 orang.

“Hewan qurban ini akan didistribusikan kepada masyarakat Batam yang sebelumnya telah memiliki hubungan emosional dengan mereka dan selalu menerima daging hewan qurban tiap tahunnya. Namun untuk penyembelihannya akan dipusatkan pada satu tempat dan kita akan mempersiapkan hiburan khusus untuk menghibur warga dan Wisman tersebut,” kata Guntur.

Tahun ini Semarak Qurban akan digelar di lapangan Sepak Bola Geladi Bakar Jaya Akbar Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Rabu (17/11). Untuk menyemarakkan acara Semarak Qurban ini, maka masyarakat dan Wisman akan disuguhi berbagai hiburan. Katanya, acara Semarak Qurban ini akan diawali dengan penyembelihan hewan qurban pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Pada pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB acara dilanjutkan dengan tausiah dan acara hiburan.

Masyarakat akan mendengarkan tausiah yang akan disampaikan oleh Ustadz Koko Liem dari Jakarta. Acara hiburan pada Semarak Qurban tersebut berisi dengan berbagai hiburan dari Teater Makyong, Musik Gazal/Orkes Melayu, Fashion Show Busana Muslim dan Musik Islami. Yang menarik pada acara Semarak Qurban tahun ini, panitia akan membuat panggang sate sepanjang 200 meter. Acara Semarak Qurban ini akan berlangsung hingga malam hari yakni dengan adanya acara Malam Hiburan Rakyat yang akan digelar dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB.

“Akan ada pemanggangan sate yang sepanjang 200 meter dan masyarakat dapat dengan bebas mengambil atau membakar sendiri. Panitia telah mempersiapkan semuanya dan kita akan mengundang pondok pesantren dan majelis taklim di Kota Batam. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah Wisman yang akan berkunjung ke Batam,” pungkasnya.

Sementara untuk pelaksanaan qurban di lingkungan Pemko Batam, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan sama seperti tahun lalu Pemko akan menyumbangkan hewan qurbannya. Namun berapa jumlah hewan qurban yang akan disumbangkan menurutnya masih dalam pendataan oleh Bagian Kesra Pemko Batam. Sampai saat ini Bagian Kesra masih mendata berapa jumlah hewan sapi dan kambing yang akan diqurbankan termasuk dari kecamatan. Sedangkan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika akan melakukan qurban di Masjid Agung Batam Centre.

Pada tahun 2009 lalu, panitia Hari Raya Idul Adha menyampaikan jumlah hewan qurban se Kota Batam berjumlah 2.553 ekor. Dengan rincian, sapi sebanyak 747 ekor dan kambing berjumlah 1.836 ekor. Dari total 2.553 hewan qurban, jumlah peserta yang berqurban sebanyak 6.781 orang. Jumlah peserta qurban tahun ini mengalami peningkatan 2 persen dibanding dengan tahun lalu.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -