Diklatpim IV, Syarat Untuk Menduduki Jabatan Struktural

BATAM - Sebanyak 40 orang pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengikuti Diklatpim IV, Senin (1/11). Diklatpim ini sebagai syarat bagi pejabat eselon IV untuk menduduki jabatan struktural di jajaran Pemko Batam. Diklatpim IV tersebut dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail. Secara simbolis, Maaz menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Diklatpim sebagai tanda dimulainya pelatihan itu. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Firmansyah mengatakan, Diklatpim IV ini akan berlangsung selama satu bulan di Hotel Golden View.

Tujuan dilaksanakannya Diklatpim ini, untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas secara profesional. Sasaran dari Diklatpim ini adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan peryaratan jabatan struktural eselon IV.

“Sesuai ketentuannya, PNS yang mengikuti Diklatpim ini memang 40 orang dalam satu kelas,” kata Firmansyah.

Adapun yang menjadi tenaga pengajar pada Diklatpim IV berasal dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI sebanyak 9 orang, Badan Kepegawaian dan Diklat Provinsi Kepri dan pejabat struktural di lingkungan Pemko Batam berjumlah 14 orang. PNS merupakan unsur sumber Aparatur Negara yang mempunyai peran penting dalam menentukan keberhasilan pemerintah dan pembangunan. Untuk itu diperlukan PNS yang mempunyai kompetensi, sikap dan prilaku penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral serta bermental baik. Lebih lanjut Maaz mengatakan bahwa banyak yang harus dibenahi untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Misalnya meningkatkan sertifikasi, motivasi dan tentunya penerapan sanksi bagi pegawai yang melanggar ketentuan.

“Tujuan diselenggarakannya Diklatpim IV ini untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan agar dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara profesional. Tentunya harus dilandasi dengan kepribadian dan etika PNS,” kata Maaz.

Kepada seluruh tenaga pengajar, Maaz menyampaikan ucapan terimakasihnya karena telah bersedia memberikan materi pada pelaksanaan Diklatpim IV tersebut. Sementara kepada para peserta ia mengharapkan untuk tidak mengikuti Diklatpim ini sebagai formalitas saja atau sekedar memenuhi syarat jabatan saja. Namun Diklat ini harus diikuti dengan penuh keseriusan dan semangat sehingga dapat memberikan dampak positif demi peningkatan kualitas kinerja di jajaran Pemko Batam.

“Semoga peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan seksama. Selamat mengikuti Diklatpim IV dan kepada seluruh peserta,” pungkasnya.(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -