Kalsel Perkenalkan Potensi Pariwisata ke Kota Batam

BATAM- Wakil Wali Kota, Batam Ria Saptarika menghadiri Road Show Pariwisata Kalimantan Selatan dan Table Top Meeting, Selasa (9/11) di Goodway Hotel. Dalam sambutannya Ria mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kalimantan Selatan dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada rombongan yang telah memilih Batam sebagai tempat tujuan road show. Ria berharap kegiatan tersebut dapat mengobati rasa rindu akan tanah leluhur orang Banjar yang berada di Batam.

Ria menambahkan bahwa beliau telah dua kali ke Kalimantan Selatan, sehingga Ria merasa tidak asing lagi dengan masyarakat Banjar. “Semoga road show ini dapat mempererat silaturohmi antara warga Banjar yang berasal dari Banoa, Batam, Tembilahan, Kuala Tungkal maupun Kuala Enok. Dan tidak ada salahnya untuk saling kenal,” ungkap Ria. Diakhir sambutan Ria mengajak seluruh yang hadir untuk bersama-sama menjalin tali silaturohmi sehingga nantinya terjalin kerjasama antar dua daerah.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Asisten, Rudi mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan road show tersebut adalah menyamakan persepsi dalam pengelolaan daerah sebagai tujuan wisata yang dikemas dalam bentuk table top meeting. Road show tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperkenalkan berbagai objek wisata dan peluang investasi dalam bidang pariwisata di Kalimantan Selatan.

Rudi mengatakan beberapa waktu lalu Kalimantan Selatan mengadakan Festival Budaya Pasar Terapung yang digelar rutin setiap tahunnya di Banjarmasin. Pada tahun 2010 ini, festival digelar mulai tanggal 25 hingga 27 September 2010, yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Budaya Jero Wacik. Festival yang digelar di tepi Sungai Martapura, depan kantor Gubernur Kalsel di Jalan Jenderal Sudirman menghadirkan nuansa masyarakat Banjar tempo dulu. Para pedagang dengan menggunakan jukung (alat transportasi sungai) dihadirkan di festival ini.

Sehari-hari para pedagang tersebut beraktivitas di Pasar Terapung Kuin dan Lok Baintan. Berbagai kesenian serta atraksi adat Banjar yang hidup di Bumi Antasari Kalsel turut ditampilkan dalam Festival Budaya Pasar Terapung 2010 tersebut. Dalam road show tersebut terdapat penampilan kesenian Tari Payung dan kesenian Madihin yang dibawakan oleh Sahroni asli dari Banjar. Turut hadir Kepala Dinas PMP-KUKM Kota Batam Pebrialin dan Kadisperindag Kota Batam Ahmad Hijazi.

(crew_humas/nn)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -