Maknai Hari Pahlawan Dengan Terus Meningkatkan Apresiasi Pada Legiun Veteran

hari pahlawanIMG_1398BATAM-Hari Pahlawan ke-64 yang jatuh pada Selasa (10/11) dimaknai Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan komitmen akan meningkatkan apresiasi kepada para legium veteran di Kota Batam. Hal itu diungkapkan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan usai memimpin upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di lapangan parkir Sport Hall Temenggung Abdul Jamal. Walikota menjelaskan, dalam sejarah perjuangan Batam, tidak banyak pahlawan yang muncul. Namun, pada saat Perang Dunia ke-2, Batam pernah dijadikan sebagai basis logistic bagi tentara yang perang.

Bahkan di Sembulang terdapat kuburan tentara Jepang yang turut berperang kala itu. Veteran yang ada saat ini di Batam, merupakan pejuang dari daerah lain yang kemudian datang ke Batam. Meski demikian, Pemko tetap memberikan apresiasi kepada para veteran tersebut. Apresiasi yang diberikan Pemko selama ini, dengan memberikan bingkisan kepada legium veteran setiap tahun. Pada tahun 2010 mendatang, Pemko Batam kembali akan menganggarkan dana sebagai bentuk apresiasi kepada legium veteran.

Tampak hadir dalam upacara bendera memperingati Hari Pahlawan itu, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika. Upacara juga diikuti oleh Unsur Muspida Kota Batam, pejabat eselon II, eselon III, pegawai dan staff di lingkungan Pemko Batam serta pelajar dan instansi vertical di Kota Batam. Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2009, tema yang diusung “Dengan Semangat dan Nilai-nilai Kepahlawanan, Kita Perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Walikota pada saat memimpin apel bendera pagi itu diungkapkan agar peringatan Hari Pahlawan tidak hanya bersifat seremonial semata. Namun dapat menjadi momentum untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kepahlawanan dan memantapkan wawasan kebangsaan. Terlebih saat ini tantangan dan permasalahan bangsa yang dihadapi tidak ringan. Menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasinya, seperti masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan dan penyalahgunaan narkoba.

Menghadapi permasalahan yang mendera bangsa, hendaklah dapat disikapi sebagai suatu ujian untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar yang tangguh dan mandiri. Serta bangsa yang dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Bagi para pelajar/mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa, agar dapat belajar dengan tekun. Agar kedepan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan cemerlang yang bermamfaat bagi kemajuan bangsa dan Negara.

Usai mengikuti upacara bendera memperingati Hari Pahlawa, Wakil Wali Kota, Ria Saptarika bersama Unsur Muspida melaksanakan upacara ziarah tabor bunga di Taman Makam Pahlawan Bulan Gebang, Batuaji.

(crew_humas/dv)

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -