Breaking News
- Ribuan Pencari Kerja Ramaikan BPJS Ketenagakerjaan Job Fair
- Aparat Keamanan Lakukan Patroli Bersama
- Tim U-15 Serahkan Piala Gubernur ke Walikota Batam
- Kepri Masih Alami Deflasi di April 2018
- Prihatin Tragedi Surabaya, BEI Kenakan Pita Hitam di Lengan
- Pelindo Siapkan 2.000 Tiket Mudik Gratis
- Cahaya Garden Jadi Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
- 250 Lansia Sekupang Bergembira di Pantai Dangas
- Umat Muslim Batam Mengaji Bersama di Engku Putri
- Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final
Manfaatkan Media Sosial untuk Interaksi dengan Masyarakat
Berita Populer
- Sekolah SMA di Batam Gratis, Uang Komite Dihapuskan
- Gaji Tenaga Kontrak Pemko Batam Sesuai SHB
- Domisili Usaha Tak Perlu Diperpanjang Tiap Tahun
- Pensiunkan PNS Ijazah SMA, Pemko Tunggu Juknis Menpan RB
- Cek Proses KTP Cukup Lewat SMS
Berita Terkait
Media
Center Batam - Media Center sebagai satu di antara banyak kanal
komunikasi pemerintah daerah dengan masyarakat harus lebih melek dan
update terhadap perkembangan teknologi informasi, khususnya media
sosial.
Manager Digital Strategist and Marcomm Metrotvnews.com, Glenn Jolodoro mengatakan zaman terus berkembang. Dulu, masyarakat masih sering mencari berita langsung dari portal utama. Kemudian berkembang dengan mengklik dari link berita yang dibagikan di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dan ke depan, kecenderungannya pada media percakapan dalam jaringan (online) seperti Whatsapp atau Line.
Manager Digital Strategist and Marcomm Metrotvnews.com, Glenn Jolodoro mengatakan zaman terus berkembang. Dulu, masyarakat masih sering mencari berita langsung dari portal utama. Kemudian berkembang dengan mengklik dari link berita yang dibagikan di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dan ke depan, kecenderungannya pada media percakapan dalam jaringan (online) seperti Whatsapp atau Line.
"Harus lebih sering share ke WA (whatsapp), Line. Jangan lupa link
disertakan. Karena itu cukup efektif," kata Glenn dalam Bimbingan
Teknis Peningkatan Kompetensi Pengelola Media Center Daerah di Hotel
Aryaduta Palembang, Kamis (30/3).
Glenn mengatakan
banyak fasilitas dari media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk
berkomunikasi lebih aktif dengan masyarakat. Ia mencontohkan fitur "add
poll" pada Twitter yang bisa digunakan media pemerintah untuk adakan
survei atau polling.
Misalnya membuat survei kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan transportasi publik. Contoh lain yakni
pemungutan suara terkait pendapat masyarakat kondisi penataan kota,
seperti apakah jumlah ruko sudah terlalu banyak atau tidak.
Menurut Glenn, hasil dari polling ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk pemberitaan di Media Center.
"Add
poll ini sangat cocok untuk infopublik. Sebagai jembatan informasi
masyarakat. Banyak hal sederhana yang menyentuh masyarakat. Hal-hal
ringan seperti itu kadang cukup penting untuk disampaikan masyarakat.
Dan masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara santun, dengan
memilih choice yang sudah kita buat," paparnya.
Fitur lain yang kini sedang banyak diminati adalah unggah video, baik rekaman maupun live. Media pemerintah juga bisa memanfaatkan fitur unggah video ini untuk menyampaikan informasi ke masyarakat.
"Kalau untuk video ini efektifnya 15-60 detik. Biasanya kalau sudah lewat 60 detik, orang tak tertarik lagi," kata dia.
Write a Facebook Comment
Tuliskan Komentar anda dari account Facebook
View all comments