Operator Telekomunikasi Siap Layani Pemudik

By Kartika 06 Jun 2017, 16:03:02 WIB

Operator Telekomunikasi Siap Layani Pemudik

Keterangan Gambar :


Media Center Batam - Operator telekomunikasi di Batam siap layani masyarakat selama musim mudik lebaran 2017 ini. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) terhadap kategori uji yaitu jaringan telekomunikasi dan fasilitas pendukung.

"Secara keseluruhan sudah memenuhi tolok ukur dan siap melayani masyarakat sebaik-baiknya. Pertumbuhan traffic telekomunikasi di tempat mudik diperkirakan sebesar 150 persen dari hari biasa," kata Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin di Hotel Novotel, akhir pekan lalu.

Pengujian dilakukan di titik-titik mudik seperti bandara, pelabuhan Sekupang, Batam Centre, Telagapunggur, Harbour Bay, dan Waterfront Nongsa, serta dalam kota. Jenis layanan yang diuji antara lain keberhasilan melakukan panggilan telepon, jangkauan dan kualitas sinyal, layanan pesan singkat, dan layanan mobile internet.

Uji kesiapan jaringan operator ini dilaksanakan pada Mei 2017. Operator yang diuji yaitu Telkomsel, XL, Indosat, Smartfren, STI, Tri, dan Smarttel.

"Dari sisi tingkat keberhasilam panggilan semua operator hampir 100 persen, Smartfren saja 98. Tapi masih jauh di atas target minimal 90 persen. Broadband ratio juga masih baik. Kualitas signal secara umum juga cukup baik. Tapi perlu ada improvement (peningkatan) di beberapa titik yang merah," ujarnya.

Pegujian kesiapan jaringan telekomunikasi ini dilaksanakan di tujuh Kota di Indonesia. Yaitu Batam, Jakarta, Balikpapan, Semarang, Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan Padang.

Batam ditunjuk menjadi kota pertama mengingat sebagai kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Batam juga dikategorikan sebagai salah satu titik keberangkatan mudik. Penduduk di Kota Batam didominasi oleh pendatang yang sebagian besar berasal dari kota-kota di pulau Jawa dan Sumatera yang akan menjadi kota tujuan arus mudik.

Untuk memastikan kesiapan fasilitas pendukung mudik, BRTI juga melakukan kunjungan ke operator seluler dan operator telekomunikasi lainnya. Pada kunjungan tersebut dilakukan pengecekan fasilitas-fasilitas yaitu pelayanan pelanggan dan call center, distribusi voucher, network operation center (command center), disaster recovery management, serta fasilitas pendukung lainnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan performansi jaringan dapat terpantau dengan baik, sehingga operator telekomunikasi mampu melayani pelanggan dengan tetap memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Khususnya dalam mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat arus mudik, hari raya, dan arus balik lebaran tahun 2017.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment