- Ribuan Pencari Kerja Ramaikan BPJS Ketenagakerjaan Job Fair
- Aparat Keamanan Lakukan Patroli Bersama
- Tim U-15 Serahkan Piala Gubernur ke Walikota Batam
- Kepri Masih Alami Deflasi di April 2018
- Prihatin Tragedi Surabaya, BEI Kenakan Pita Hitam di Lengan
- Pelindo Siapkan 2.000 Tiket Mudik Gratis
- Cahaya Garden Jadi Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
- 250 Lansia Sekupang Bergembira di Pantai Dangas
- Umat Muslim Batam Mengaji Bersama di Engku Putri
- Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final
Kominfo Kumpulkan Masukan Untuk Aplikasi Apekesah
Berita Populer
- Sekolah SMA di Batam Gratis, Uang Komite Dihapuskan
- Gaji Tenaga Kontrak Pemko Batam Sesuai SHB
- Domisili Usaha Tak Perlu Diperpanjang Tiap Tahun
- Pensiunkan PNS Ijazah SMA, Pemko Tunggu Juknis Menpan RB
- Cek Proses KTP Cukup Lewat SMS
Berita Terkait
Media Center Batam - Dinas Kominfo Kota Batam mengumpulkan masukan dan saran dari media massa, forum masyarakat, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait aplikasi Apekesah. Kepala Dinas Kominfo, Salim mengatakan Apekesah ini merupakan wadah pengaduan masyarakat yang sedang dalam tahap penyusunan.
"Apekesah ini nantinya bisa diunduh di smartphone berbasis Android, juga bisa diakses melalui website," kata Salim dalam sosialisasi di Kantor Diskominfo Batam, Rabu (24/5).
Draf mekanisme layanan dan desain aplikasi Apekesah ini rencananya siap di akhir Juli. Setelah desain selesai, dilanjutkan dengan membangun aplikasi tersebut. Uji coba rencananya dilaksanakan pada akhir 2017 mendatang.
Ia menjelaskan dengan adanya Apekesah ini pengaduan masyarakat dapat terkelola dengan baik. Setiap pengaduan tercatat dalam sistem, dan jelas proses penyelesaiannya.
"Masyarakat menyampaikan aduan, apapun bentuknya yang terkait layanan Pemko Batam. Misal banjir, jalan berlubang, sekolah, sampah, drainase. Sampaikan melalui aplikasi. Begitu aduan disampaikan, akan langsung di-share ke OPD dan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, serta admin di Kominfo. Setelah itu aduan ini akan ditanggapi OPD," papar Salim.
Ia berharap dengan adanya Apekesah ini menjadikan layanan aduan masyarakat diselesaikan dengan cepat, tepat, dan tuntas. Hal ini guna terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang berdaya saing, maju, sejaktera dan bermartabat.
Karena ia akui layanan pengaduan yang ada saat ini belum optimal. Masih secara parsial melalui pesan singkat ke OPD masing-masing. Sehingga tidak diketahui berapa lama pengaduan tersebut akan masuk ke proses tindak lanjut.
"Nanti dengan melalui aplikasi ini, pengaduan dapat dilayani secara tuntas," ujarnya.
Adapun masukan pada pertemuan ini antara lain dari forum masyarakat yang berharap agar Apekesah ini jangan sampai tersendat, harus terus berjalan.
"Hasil tindaklanjutnya juga sebaiknya dilaporkan ke masyarakat. Jadi masyarakat tahu kalau pengaduannya ini ditindaklanjuti," kata Suharsad, perwakilan forum masyarakat.