Kominfo Kumpulkan Masukan Untuk Aplikasi Apekesah

By Kartika Pada : 26 Mei 2017, 16:39:56 WIB, - Kategori : Kabar BatamKominfo Kumpulkan Masukan Untuk Aplikasi Apekesah

Media Center Batam - Dinas Kominfo Kota Batam mengumpulkan masukan dan saran dari media massa, forum masyarakat, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait aplikasi Apekesah. Kepala Dinas Kominfo, Salim mengatakan Apekesah ini merupakan wadah pengaduan masyarakat yang sedang dalam tahap penyusunan.

"Apekesah ini nantinya bisa diunduh di smartphone berbasis Android, juga bisa diakses melalui website," kata Salim dalam sosialisasi di Kantor Diskominfo Batam, Rabu (24/5).

Draf mekanisme layanan dan desain aplikasi Apekesah ini rencananya siap di akhir Juli. Setelah desain selesai, dilanjutkan dengan membangun aplikasi tersebut. Uji coba rencananya dilaksanakan pada akhir 2017 mendatang.

Ia menjelaskan dengan adanya Apekesah ini pengaduan masyarakat dapat terkelola dengan baik. Setiap pengaduan tercatat dalam sistem, dan jelas proses penyelesaiannya.

"Masyarakat menyampaikan aduan, apapun bentuknya yang terkait layanan Pemko Batam. Misal banjir, jalan berlubang, sekolah, sampah, drainase. Sampaikan melalui aplikasi. Begitu aduan disampaikan, akan langsung di-share ke OPD dan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, serta admin di Kominfo. Setelah itu aduan ini akan ditanggapi OPD," papar Salim.

Ia berharap dengan adanya Apekesah ini menjadikan layanan aduan masyarakat diselesaikan dengan cepat, tepat, dan tuntas. Hal ini guna terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang berdaya saing, maju, sejaktera dan bermartabat.

Karena ia akui layanan pengaduan yang ada saat ini belum optimal. Masih secara parsial melalui pesan singkat ke OPD masing-masing. Sehingga tidak diketahui berapa lama pengaduan tersebut akan masuk ke proses tindak lanjut.

"Nanti dengan melalui aplikasi ini, pengaduan dapat dilayani secara tuntas," ujarnya.

Adapun masukan pada pertemuan ini antara lain dari forum masyarakat yang berharap agar Apekesah ini jangan sampai tersendat, harus terus berjalan.

"Hasil tindaklanjutnya juga sebaiknya dilaporkan ke masyarakat. Jadi masyarakat tahu kalau pengaduannya ini ditindaklanjuti," kata Suharsad, perwakilan forum masyarakat.