- Ribuan Pencari Kerja Ramaikan BPJS Ketenagakerjaan Job Fair
- Aparat Keamanan Lakukan Patroli Bersama
- Tim U-15 Serahkan Piala Gubernur ke Walikota Batam
- Kepri Masih Alami Deflasi di April 2018
- Prihatin Tragedi Surabaya, BEI Kenakan Pita Hitam di Lengan
- Pelindo Siapkan 2.000 Tiket Mudik Gratis
- Cahaya Garden Jadi Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
- 250 Lansia Sekupang Bergembira di Pantai Dangas
- Umat Muslim Batam Mengaji Bersama di Engku Putri
- Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final
Call Center 112 Batam Segera Beroperasi
Berita Populer
- Sekolah SMA di Batam Gratis, Uang Komite Dihapuskan
- Gaji Tenaga Kontrak Pemko Batam Sesuai SHB
- Domisili Usaha Tak Perlu Diperpanjang Tiap Tahun
- Pensiunkan PNS Ijazah SMA, Pemko Tunggu Juknis Menpan RB
- Cek Proses KTP Cukup Lewat SMS
Berita Terkait
Media Center Batam – Kementerian Komunikasi dan Informatika menetapkan Kota Batam sebagai salah satu daerah percontohan pelaksanaan Call Center di Indonesia. Sebagai tindak lanjut, pihak kementerian telah meninjau beragam infrastruktur yang ada untuk mendukung kegiatan itu.
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kemenkominfo kini tengah menggarap layanan nomor tunggal panggilan darurat di tingkat Kota/Kabupaten. Layanan panggilan keadaan darurat dengan menggunakan 112 bertujuan membentuk sistem pusat panggilan terpadu, menyatukan nomor panggilan darurat agar mempermudah masyarakat dalam penanggulangan keadaan darurat, mempercepat penanggulangan keadaan darurat Indonesia, dan mempermudah koordinasi antar instansi terkait.
Kasubag Perencanaan dan Program Badan Kominfo Batam Esther Serevinna mengatakan, tim dari pihak kementerian sudah berkunjung ke Batam melihat infrastruktur yang akan dipersiapkan karena target mereka tahun ini juga sudah bisa beroperasi.
“Mereka survey untuk Call Centre 112. Nanti hasil survey, kekurangannya akan mereka lengkapi,”ujar Ester, usai pertemuan tersebut, Selasa (10/5).
Beberapa menjadi perhatian mereka, seperti ruangan, kapasitas listrik, persiapan SDM yang akan ditempatkan, layar monitor, jaringan dan lain sebaginya. Kata, Ester, sebagian kebutuhan sudah disiapkan pemerintah daerah. Selebihnya akan dipenuhi pihak kementerian.
Ia menjelaskan, pihak kementerian menargetkan Call Center dapat beroperasi pada Oktober tahun ini. Seluruh persiapan awal dan operasional nantinya hingga dua tahun pertama pelaksanaan akan dilakukan pihak kementerian. Ditahun ketiga diserahkan ke pemerintah daerah.
“Saat ini tugas daerah seperti kita Kominfo diminta menyiapkan SOP penanggulangan bencana dan bentuk koordinasinya. Termasuk nomor yang bisa dihubungi, seperti BPBD, Kepolisian, Ambulan atau rumah sakit dan lain sebagainya,”katanya.