498 Rumah Dapat Program BSPS di 2018

By Kartika 09 Jan 2018, 14:01:45 WIBKabar Batam

498 Rumah Dapat Program BSPS di 2018

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Herman Rozie (FOTO NET)


Media Center Batam - Sebanyak 498 rumah di Batam mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2018. Rumah penerima bantuan tersebar di empat kecamatan mainland dan hinterland.

Rinciannya yaitu 45 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Tanjungsengkuang dan 80 KK di Kelurahan Batumerah Kecamatan Batuampar, serta 73 rumah di Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa. Sedangkan 300 lainnya tersebar di Kelurahan Kasu Kecamatan Belakangpadang sebanyak 100 unit rumah, Kelurahan Tanjungsari Belakangpadang 100 unit, dan Kelurahan Pecong Belakangpadang 60 unit, serta Kelurahan Tanjungriau Kecamatan Sekupang 40 unit.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Herman Rozie mengatakan BSPS ini merupakan program pusat dan diberikan ke daerah dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK).

"Seluruhnya dari pusat. Tapi untuk 198 di mainland, Batuampar dan Nongsa itu masuk ke APBD. Sedangkan yang di hinterland pelaksanaannya melalui Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) yang ada di tingkat Provinsi," kata Herman di Batam Centre, Selasa (9/1).

Tiap KK atau unit rumah menerima bantuan sebesar Rp 15 juta. Bantuan yang diberikan langsung berupa bahan bangunan. Proses pembangunan dilakukan oleh masyarakat dengan berpedoman pada rencana anggaran biaya yang disepakati Kelompok Penerima Bantuan.

"Pelaksanaannya nanti sekitar bulan April. Karena ada rapat koordinasi dulu nanti," ujarnya.

Herman menambahkan, tujuan dari program BSPS ini adalah meningkatkan kualitas perumahan masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah. Berbeda dengan rumah tidak layak huni, pada program BSPS ini tidak ada biaya tambahan untuk jasa tukang.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment