9 Infrastruktur Skala Kota Dibangun di 2017

By Kartika 05 Apr 2016, 18:15:20 WIBKabar Batam

9 Infrastruktur Skala Kota Dibangun di 2017

Keterangan Gambar : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batam, Wan Darussalam


Media Center Batam - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batam, Wan Darussalam menyebutkan ada sembilan pembangunan infrastruktur berskala kota untuk tahun 2017 mendatang.

"Program prioritas berskala kota itu yang tidak masuk wilayah RT, RW, kecamatan. Tapi semua umat di Kota Batam menikmatinya," kata Wan saat pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat Kota Batam, Selasa (5/4).

Adapun bidang fisim prasarana yang masuk skala kota yaitu pembangunan Masjid Agung di Tanjunguncang. Kemudian peningkatan jalan utama di kawasan Nagoya-Jodoh, Batam Kota, dan beberapa wilayan lain.

Infrastruktur berikutnya yaitu operasional transportasi umum, pembukaan koridor baru Trans Batam, dan penyediaan bus sekolah wilayah hinterland. Pembangunan kanal, drainase induk, saluran pelintas, dan normalisasi dalam upaya penanganan banjir juga masuk dalam skala kota.

Poin kelima adalah pembangunan prasarana, sarana, utilitas (PSU) wilayah pemukiman dan penanganan kumuh, termasuk program PIK. Penanganan sampah, persiapan pemekaran kecamatan, penyediaan sarana prasarana wilayah hinterland, serta pengembangan jalur hijau.

Ia berharap dalam pembahasan Musrenbang dua hari ini, bisa mengacu pada rencana pembangunan yang sudah ditetapkan, terutama untuk skala prioritas.

"Dalam pembahasan kelompok nanti kira-kira mengacu pada itu. Ini jadi acuan kita bersama untuk dibahas dalam kelompok. Masalah transportasi dan penanganan banjir, itu masih terus. Karena pertumbuhan penduduk yang tinggi, jadi belum maksimal. Permasalahan-permasalahan inilah yang akan dicoba diselesaikan di 2017. Termasuk perumahan, sampah, dan lainnya," ujar Wan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment