Warga Minta Penangulangan Banjir

BATAM – Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengelar safari Ramadhan, Jum’at (3/8). Walikota beserta rombongan berbuka puasa di Masjid Al-Mulk Perumahan Palapa Sekupang.

Acara berbuka yang digelar di masjid kediaman Wako tersebut dihadiri juga oleh Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam yang juga tinggal di kawasan tersebut. Kepada Walikota, masyarakat meminta bantuan pembangunan Masjid. Peletakkan batu pertama masjid tersebut dilaksanakan Ramadhan 1432 H tahun lalu.

Masyarakat juga me ngundang puluhan anak Yatim dari panti asuhan di kawasan Tiban Housing dan Dapur 12. Pada kesempatan tersebut, Dahlan memberikan santunan kepada para anak yatim.

Setelah berbuka di Masjid Al-Mulk, Sekupang, kegiatan Safari Ramadhan dilanjutkan di Masjid Baitul Muttaqin Kavling Seidaun Kelurahan Tanjungpiayu, Mangsang. Kepala Kantor Urusan Agama Seibeduk, Budi Dermawan dalam ceramahnya menjelaskan tentang keutamaan sedekah. Menurutnya, orang yang senantiasa bersedekah akan mendapatkan beberapa keuntungan antara lain selamat dari kematian yang buruk, Allah akan menambahkan rejeki serta terhindar dari bahaya. “Sedekah berarti membersihkan diri dengan mengeluarkan sedikit harta yang dilmiliki,” katanya.

Pengurus masjid, Agus Suhada menuturkan beberapa keluhan masyarakat yang ingin segera diselesaikan. Masalah penanggulangan banjir dan perbaikan jalan sangat diidamkan masyarakat Kaling Seidaun. “Apabila hujan dalam waktu yang lama ditambah dengan naiknya permukaan air laut, maka wilayah kami akan tergenang. Hal ini diperparah karena kawasan ini tidak mempunyai jalan aspal. Sehingga kondisi jalan sangat becek dan licin,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga meminta bantuan sarana dan prasarana Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA). “Masjid kami sudah memiliki TPA namun sarana dan fasilitas masih terbatas,” jelas Agus.

Kepada Dahlan, Agus juga menyampaikan, saat ini di Kavling Seidaun sedang dibangun SD Negeri 007. Sekolah tersebut sudah lama diinginkan masyarakat, mengingat untuk bersekolah anak-anak harus menempuh jarak yang jauh. SD Negeri ini merupakan SD Negeri pertawa di wilayah tersebut.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan berjanji akan menganggarkan pembangunan jalan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam. “Kita akan lihat skala prioritas karena banyak sekali kawasan di Batam yang belum diaspal. Hal ini akan disesuaikan dengan anggaran dan kemampuan daerah,” katanya.

Terkait bantuan TPA, Dahlan mengimbau pengurus masjid untuk membentuk yayasan Bai tul Muttaqin dan mengurus legalitasnya. “Apabila sudah ada yayasan, segera ajukan bantuan ke Pemko Batam,” jelasnya.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -