Warga Minta Perbaikan Infrastruktur

BATAM – Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan Walikota Batam, Senin (6/8) di Kecamatan Seibeduk. Buka puasa digelar di Masjid Darul Aman Kampung Bagan, Tanjungpiayu dan Sholat Tarawih berjamaah digelar di Masjid Al-Mujahidin Perum GMP, Duriangkang.

Kepada Walikota, masyarakat meminta perbaikan infrastruktur. Salah satu kampung tua di kecamatan tersebut, yakni kampung tua Piayu laut belum mendapat aliran listrik dan air. Sudah puluhan tahun baik PLN maupun ATB tidak dapat warga nikmati karena tidak memiliki infrastruktur dan jaringan.

Sementra warga Perumahan GMP meminta Pemko Batam memperbaiki akses jalan ke perumahan tersebut. “Jalan di perumahan ini setiap hari di lalui warga dan sudah banyak yang berlubang. Perbaikan jalan sangat diidamkan warga,” kata tokoh masyarakat setempat, M Isa Arianto.

Selain jalan, masyarakat juga meminta pembangunan sekolah baru atau ruang kelas baru di sekolah yang sudah ada. Hal ini karena setiap tahun banyak calon siswa baru yang tidak tertampung.

Kedua masjid tersebut juga meminta bantuan Pemko Batam untuk pembangunan masjid dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Bantuan tersebut untuk menambah sarana dan fasilitas di Masjid maupun TPA yang masih minim.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan tujuan Safari Ramadhan yakni untuk turun langsung dan mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat. Menurut Dahlan, pada awalnya, Batam didisain sebagai kota industri yang diperirakan dengan jumlah penduduk 1,1-1,5 juta jiwa pada tahun 2015. “Namun seiring perkembangannya, semakin banyak masyarakat yang hijrah dan mencoba peruntungan hidup di Batam,” katanya.

Dengan pertumbuhan masyarakat yang tinggi, kebutuhan akan infrastruktur seperti air, listrik, kesehatan, pendidikan dan jalan terus meningkat. “Pemerintah berusaha untuk memenuhi segala infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Menurut Dahlan, pembangunan infrastruktur air dan listrik akan dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Sementara untuk sekolah, Pemko Batam senantiasa menambah sekolah maupun ruang kelas baru setiap tahun anggaran. Begitu pula dengan perbaikan jalan. :namun karena jalan yang butuh perbaikan sangat banyak, pemko Batam menerapkan skala prioritas,” sebut Dahlan.

Terkait bantuan, Dahlan meminta pihak Masjid untuk membentuk yayasan dan mengurus legalitasnya. “Apabila sudah ada yayasan, segera ajukan bantuan ke Pemko Batam,” jelasnya.

Kegiatan Safari Ramadhan juga diisi ceramah agama. Penceramah mengambil tema keutamaan dan kelebihan orang yang berpuasa. Dalam paparannya, disebutkan orang yang berpuasa akan mendapatkan beberapa keutamaan yakni pada hari kiamat akan mendapat syafaat, dapat ampunan dari Allah, bau mulut orang berpuasa lebih bermakna di mata Allah serta mendapat kegembiraan saat menjelang berbuka puasa dan bertemu dengan Allah di hari Kiamat.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -