12 Panti Asuhan Disantuni Wako Batam

Share

Anjangsana HUT Kemerdekaan RI ke 65 tingkat Kota Batam

BATAM – Selain penyelenggaraan berbagai even olah raga, seni maupun upacara bendera yang dikemas Panitia HUT RI tingkat Kota Batam tahun 2010, dalam bidang sosial kemasyarakatan, Walikota Batam sebagai Kepala Daerah juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu yang diwadahi dalam  12  Panti Asuhan yang ada di Kota Batam pada Senin (9/8) tadi pagi. Acara yang digelar dihalaman Panti asuhan Jannatul’ilmi Sei Lekop Batu Aji tersebut berlangsung hikmat dengan kehadiran para perwakilan anak-anak yang dibina dalam 12 Panti Asuhan yang ada di Kota Batam.

Dalam laporannya, Kadinsos dan Pemakaman Kota Batam selaku koordinator penyelenggara mengatakan jumlah panti asuhan yang terdaftar saat ini sebanyak 50 panti asuhan dengan jumlah anak yang diasuh sebanyak 523 orang mempunyai peran dan fungsi strategis untuk memberikan perhatian serta kebutuhan anak asuh sesuai tingkatan umurnya. Hal ini sangat perlu membutuhkan dukungan dari semua pihak sehingga peran dan fungsi panti asuhan tersebut dapat berjalan optimal, harapnya di hadapan para tamu dan undangan.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya menegaskan bahwa kita mempunyai kewajiban moral untuk mengayomi anak yatim sehingga hak-hak mereka dapat terpenuhi sekalipun tanpa keberadaan orang tuanya. Untuk itu sebagai umat yang beragama sudah seharusnya kita mengambil peran dalam membantu anak yatim untuk mendapatkan haknya dan Pemko Batam akan terus berada dalam jajaran terdepan untuk mendukung semua upaya-upaya untuk membina dan mengasuh anak yatim maupun anak-anak terlantar lainnya, ungkap Dahlan diawal sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan juga menyinggung perlunya perhatian para orang tua untuk memberikan asupan gizi, vitamin dan imunisasi kepada anak-anaknya sehingga terproteksi sejak dini terhadap berbagai potensi penyakit. “Saya dari pagi sudah mengunjungi 2 Posyandu di Kecamatan Sagulung yang kebetulan mempunyai jadwal tetap dalam pemberian Vitamin A dan Imunisasi bagi anak-anak Balita yang dihadiri ratusan kaum Ibu dengan membawa anak-anaknya dan hal ini masih sering kita abaikan dikarenakan berbagai kesibukan kita masing-masing. Padahal upaya-upaya tersebut sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak – anak kita, terangnya di hadapan para tamu dan undangan.
Dahlan juga berharap para pengelola panti asuhan di Kota Batam dapat bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan terobosan-terobosan demi kebutuhan para anak yatim tersebut. Disamping itu, Wako juga menegaskan semua Camat se Kota Batam dapat melakukan pendataan secara komprehensif terhadap panti asuhan serta anak asuhnya di lingkungan masing-masing untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan selanjutnya membuat berbagai terobosan dengan berkoordinasi dengan dinas terkait paling lambat akhir tahun 2010 ini. Termasuk fasilitasi pemberian akta kelahiran gratis kepada anak yatim yang sedang dibina di panti asuhan yang ada di Kota Batam.

Wako Batam bersama Ketua Panitia dan Ibu Muspida Kota Batam serta Ketua DWP Kota Batam memberikan santunan secara simbolis kepada perwakilan 12 panti asuhan sebesar 3 juta rupiah untuk masing-masing panti asuhan.
Adapun nama-nama panti asuhan yang menerima santunan tersebut seperti, Panti asuhan Islam Az-zainiyah, “Nurul Haq” Khalifatullah, Al Hidayah, Ashabul Yamin Nahdatul Watan, Miftahul Hasanah, Global Mitra Sejati Indonesia, Baitus Sakinah, Al-Muta’allim, Islam Bina Bangsa Batam, Zeyvanez, Insanul Madani Nahdlatul Wathan, serta  Jannatul’ilmi. Hadir juga dalam acara pemberian santunan panti asuhan tersebut, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Drs. Azwan,M.Si, Kadis PU, Yumasnur, Kadis Kependudukan, Sadri Khairuddin, Kadis Sosial dan Pertamanan, Shahir, Camat Sagulung, Rombongan Ibu Muspida seperti Ketua PERSIT Kodim 0316/Batam, mewakili Bhayangkara Polresta Barelang, mewakili Lanal Batam serta Ketua DWP Kota Batam serta para pengurus panti asuhan di Kota Batam.

(*humas_crew/ttn)
Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -