Wako saat memberikan sambutan disalah satu acara F; i_oNe (366)BATAM – Menjelang pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang tinggal hitungan hari, Walikota Batam, Ahmad Dahlan memastikan seluruh pegawai di lingkungan Pemko Batam dalam memberikan haknya serta mendukung kondusifitas penyelenggaraan Pilpres tersebut di Kota Batam.

Dalam rangka ikut serta mensukseskan Pilpres yang akan dilaksanakan 8 Juli 2009, Walikota Batam melalui Surat Edaran Nomor 612/SE/VI/2009 tertanggal 29 Juni 2009 kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemko Batam. Surat edaran tersebut menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 270/1945/SJ tanggal 5 Juni 2009 perihal Netralisasi dan Partisipasi Pegawai Negeri Sipil dalam Pemilihan Umum Presiden dan Waki Presiden tahun 2009, sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden, PNS mempunyai hak politik untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden. Seluruh PNS dan Pegawai Honorer Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Batam diminta untuk proaktif mengecek namanya dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres 2009, tetap menjaga netralisasi dan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009.

“Walaupun demikian, jangan terlalu larut dalam hingar bingar pesta demokrasi tersebut sampai mengabaikan tugas pokok dan fungsinya, katanya dalam acara peresmian gedung UIB pada hari Sabtu (4/7) yang lalu. Masih menurut Dahlan, PNS harus mengedepankan jalannya roda pemerintahan dalam upaya pelayanan kepada masyarakat. PNS diingatkan agar tidak terjebak dalam politik praktis. PNS dilarang menjadi pelaksana kegiatan kampanye, menggunakan atribut partai serta dilarang melakukan mobilitasi massa dari lingkungan kerjanya dan menggunakan aktivitas negara untuk kepentingan kampanye, kata Dahlan lagi.

Wako Batam juga melarang pejabat Pemko mulai dari Kepala Dinas, Camat sampai kepada Lurah mengambil cuti menjelang pelaksanaan Pilpres mendatang. Sementara kepada para penyelenggara Pemilu, Walikota Batam mengucapkan terima kasih kepada seluruh.jajaran penyelenggara Pemilu di seluruh tingkatan. Dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), termasuk anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) terutama unsur keamanan Nasional yang ditugaskan kepada kepolisian diseluruh tingkatan dengan dukungan institusi lainnya yang telah bekerja keras menyelesaikan Pemilu Legislatif yang lalu sampai menjelang Pilpres kali ini. “Saya masih optimis dan yakin sekaligus mengharapkan kerja sama, koordinasi dan bantuan rekan-rekan untuk bisa menyelesaikan Pemilu Presiden pada 8 Juli nanti”, tambahnya lagi.

Ahmad Dahlan menghimbau kepada masyarakat Batam agar menggunakan hak pilihnya pada pilpres mendatang. Pertama, dengan datang ke TPS dan memberi penandaan atau pencontrengan yang benar dengan melakukan cukup sekali pencotrengan pada nomor urut calon saja atau pada foto calon saja atau pada nama calon saja. Kedua, Pilpres 2009 saatnya rakyat berdaulat untuk menentukan nasibnya lima tahun ke depan, katanya seraya berharap Pemilu Presiden dan Wapres kali ini berlangsung secara aman, tertib dan damai.

(*humas_crew/ttn&nn)