Wako Resmikan Stadion Hang Lekir BLPfoto byWako dan Ketua DPRD gunting pita Stadion Hang Lekir foto by-1BATAM – Walikota Batam Ahmad Dahlan, dijadwalkan  akan meresmikan salah satu Stadion Sepakbola di wilayah hinterland di Kota Batam pada Sabtu (11/07)  besok. Stadion yang berlokasi  di Belakang Padang tersebut juga diberi nama Stadion Hang Lekir, nama yang sangat melekat dengan sejarah dan merupakan tokoh Melayu sebagai upaya melestarikan nilai-nilai dan ketokohan pejuang dari bumi Melayu tersebut.

Stadion yang juga akan digunakan dalam perlombaan resmi karena telah memiliki standar KONI  tersebut memiliki luas 1800 m2 merupakan hibah dari masyarakat, dengan luas bangunan yang terdiri lapangan berumput 55 x 100 m2, lantai satu dengan luas 600 m2 dan lantai dua yang  diperuntukkan untuk tribun yang dapat menampung 600 penonton.

Fasilitas sarana olah raga seperti Sepak Bola , Lompat Jauh, Atletik, dan Lompat  Tinggi dan lompat Jangkit telah siap untuk digunakan dalam menjaring bibit-bibit olahragawan baru dari Belakang Padang yang selama ini sarat dengan prestasi tersebut.

Untuk fasilitas gedung sendiri terdapat gudang, ruang wartawan, ruang kepanitiaan, ruang keamanan, kamar ganti, kantor pengelola, mushola, kamar mandi, tiket box, ruang brifing atau pelatihan. Keberadaan air selain dari PDAM, Stadion Hang Lekir menggunakan tower air, sehingga tidak akan takut kehabisan air.

Seluruh fasilitas yang sangat akomodatif tersebut dibangun untuk masyarakat Batam dengan sumber alokasi pembiayaan dari APBD Kota Batam tahun 2008 dan 2009 sebesar kurang lebih 7,5 Milyar yang dibangun oleh pihak ketiga sebagai pemenang tender yaitu PT Seranggong Karya.

Akses menuju ke Stadion Hang Lekir juga sangat mudah, jika dari Batam melalui pelabuhan domestik Sekupang menuju ke Belakang Padang dengan menggunakan pancung yang memakan waktu sekitar 20 menit, setelah berada di pelantar dataran elang-lang laut Belakang Padang baru menuju ke Stadion Hang Lekir dengan Becak atau Ojek tepatnya berada di  Kelurahan Sekanak Raya Belakang Padang sekitar 10 menit.

Peresmian stadion tersebut juga akan dilanjutkan dengan pembukaan pelaksanaan Turnamen Sepak Bola Walikota Cup IX Usia 17 tahun kebawah dan Turnamen Sepak Bola Umum dalam rangka perayaan HUT RI ke-64 tahun 2009. Dengan 300 orang undangan, diantaranya Muspida Kota Batam, Anggota DPRD Kota Batam, Kepala SKPD di lingkungan Pemko Batam, Pengurus Koni Kota Batam, Tokoh Lembaga Adat Melayu/ masyarakat, Pengurus Pengcabor Kota Batam. Telah ada 16 tim yang sudah menyatakan kesiapan berasal dari hampir seluruh kecamatan di Kota Batam diantaranya Bintang Mas dari Sekupang, Maritim Square dari Batu Ampar, bahkan ada satu kecamatan yang mengirimkan dua timnya,. Wasit dalam turnamen ini berasal dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Batam.

Dalam peresmian tersebut Ahmad Dahlan akan menandatangani prasasti peresmian Stadion Hang Lekir, serta memberikan tendangan bola kehormatan dalam pertandingan persahabatan.

Kepala Bagian Humas, Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan selepas acara pokok, Wako Batam juga akan menerima bantuan sebanyak 1000 bola dari  komunitas The Batam Japan Club yang dalam beberapa tahun terakhir selalu rutin menyumbangkan hal yang sama dengan tujuan menumbuhkan semangat mencintai sepakbola serta menelosrkan etlet-atlet sepakbola secara alami, katanya.

Acara kemudian ditutup dengan pertandingan persahabatan Sepak Bola Veteran Usia 41 Tahun ke atas antara Kesebelasan Pemko dengan kesebelasan tokoh masyarakat Belakang Padang.

(humas_crew/ttn&nn)