*Wako Sidak Kehadiran Dihari Pertama Ngantor

BATAM – Hari pertama berkantor, Senin (4/1) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah kantor di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Pada pagi harinya, Walikota bertindak sebagai pimpinan upacara di Dataran Engku Putri. Dalam amanatnya, Walikota menyampaikan bahwa kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Batam dituntut lebih baik lagi. Pada tahun ini Pemko juga dituntut untuk percepat program pekerjaan yang telah ditetapkan pada tahun 2010 ini.
Sebagai pimpinan, ia tidak ingin daya serap pekerjaan di tahun 2010 ini rendah seperti pada tahun 2008 lalu. Rendahnya daya serap ini disebabkan beberapa kendala seperti permasalahan lahan dan kurangnya jumlah staf yang mengantongi sertifikasi. Akhir Januari ini ia kembali akan memanggil SKPD di lingkungan Pemko Batam untuk mempertanyakan proses administrasi yang telah dilaksanakan. Dari tingkat kehadiran, Walikota mengatakan bahwa pegawai Pemko kini jauh lebih disiplin dibandingkan tiga atau empat tahun lalu.

“Memang ada satu, dua orang yang terlihat nongkrong di mall, tapi mereka guru bukan pegawai. Selesai ngajar, mereka jalan ke mall,” katanya.

Pagi itu Walikota mengawali Sidaknya di Puskesmas Baloi Permai, Legenda Malaka. Selain mengecek kehadiran pegawai di sana, Walikota juga berdialog dengan masyarakat yang tengah berobat. Selain menanyakan pelayanan yang diberikan, Walikota juga menjelaskan bahwa berobat di Puskesmas gratis. Walikota juga berdiskusi dengan Kepala Puskesmas Baloi Permai, dr Nindya Savitri. Untuk jumlah pegawai yang terdapat di Puskesmas tersebut, Nindya mengatakan sudah cukup. Setiap hari jumlah pasien yang berobat mencapai 150 orang. Pelayanan yang diberikan di Puskesmas itu pun sudah lengkap, mulai dari Poli Anak, Poli Gigi, Poli Dewasa, laboratorium dan ruangan emergency.

“Paling banyak pasien Ispa yang berobat di Puskesmas ini,” ujar Nindya sembari mengatakan jumlah dokter di Puskesmas itu sebanyak lima orang.

Selanjutnya, Walikota Sidak ke Kantor Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota. Di sana, Walikota diterima langsung oleh Lurah Belian, Azlan Mastar dan Sekretaris Lurah Anwar. Dihari pertama berkantor seluruh pegawai di kantor Lurah Belian hadir seluruhnya. Kepada Walikota, Azlan menjelaskan bahwa pelayanan yang banyak diberikan adalah pengantar pengurusan akte kelahiran dan permohonan KTP. “Dengan program akte kelahiran gratis, banyak yang mengajukan permohonan pengurusan akte kelahiran,” lapornya pada Walikota.

Sidak dilanjutkan di Gedung Bersama Pemko Batam yang terletak di kawasan Batam Centre. Di sana, Walikota meninjau kantor Badan Pemberdayaan Perempuan, Badan Kesbanglinmas Politik, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal), Badan Pertanahan dan Dinas Pendapatan Daerah. Dari beberapa tempat yang di Sidak tersebut ada beberapa orang pegawai yang datang terlambat dan cukup kaget dengan kehadiran orang nomor satu di lingkungan Pemko Batam tersebut.

“Dari tingkat kehadiran sudah cukup bagus jika dibandingkan dengan tiga atau empat tahun lalu. Kehadiran pegawai Pemko sudah lebih dari 90 persen,” katanya mengakhiri.

Dalam Sidak tersebut, Walikota didampingi oleh Inspektur Inspektorat Daerah, Hartoyo Sirkoen. Kabid Pengendalian dan Pengawasan BKD Kota Batam, Agus Hartoyo, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri dan Kabag Protokol, Aspawi.

(crew_humas/dv)