BATAM- Menyambut tahun baru 2010, ribuan warga Batam Kamis (31/12) malam lalu memadati Dataran Engku Putri untuk menyaksikan Pesta Kembang Api spektakuler. Warga Batam yang telah sejak sore hari memadati Engku Putri terlebih dahulu dihibur dengan penampilan band local dan artis Ibukota. Kembang api diluncurkan setelah Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama dengan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika beserta unsur Muspida melakukan countdown yang diikuti oleh warga Batam. Tepat pukul 00.00 wib, tiupan terompet menggema disusul dengan luncuran kembang api ke udara menandakan masuknya Tahun 2010. Di malam pergantian tahun baru itu juga, Walikota melaunching Visit Batam 2010.

Sesaat langit di Dataran Engku Putri berubah menjadi indah dengan warna-warna yang indah. Moment tersebut dimamfaatkan oleh masyarakat untuk mengabadikan menggunakan camera hp. Meski berlangsung meriah namun kenduri akhir tahun dan pesta kembang api tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum kembang api diluncurkan seluruh warga yang memadati Dataran Engku Putri menyanyikan lagu nasional “Gugur Bunga”. Lagu itu dinyanyikan sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh nasional KH Abdurrahman Wahid Presiden RI ke 4 yang wafat pada Rabu (30/12). Selain menyanyikan lagu tersebut, bersama-sama juga digelar doa bersama di Masjid Raya Batam Centre.

Acara pergantian tahun diawali dengan atraksi paralayang di Dataran Engku Putri yang membawa bendera Visit Batam 2010. Selain itu juga digelar atraksi sepeda ontel, becak dan jeep. Memasuki waktu Salat Maghrib di Masjid Raya Batam Centre diselenggarakan Salat Gaib dan dilanjutkan dengan doa dan tahlil usai Shalat Isya. Kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah di lantai IV Kantor Walikota. Acara tersebut sekaligus dijadikan momentum penyerahan hadian kepada pemenang lomba manasik haji pelajar se Kota Batam. Walikota dan Wakil Walikota Batam yang hadir bersama para istri terlihat begitu bahagia malam itu. Dalam sambutan singkat yang disampaikan oleh Walikota, pesta akhir tahun ini diselenggarakan tidak maksimum karena tidak begitu meriah.

“Ini sebagai rasa hormat atas berpulangnya Gusdur ke pangkuan Illahi. Nanti (di lapangan) bersama dengan masyarakat Batam, kembali kita akan menggelar doa bersama. Dengan duka yang menyelimuti bangsa ini, Pemko Batam menyampaikan rasa dukanya yang begitu mendalam,” ujarnya.

Usai acara ramah tamah, Walikota, Wakil Walikota bersama unsur Muspida bergabung bersama ribuan masyarakat Batam untuk merayakan malam pergantian tahun. Dihadapan seluruh warga Batam, Walikota menyampaikan harapannya, agar ditahun 2010 membaw abanyak kebaikan dan sukses serta berada dalam ridho Alla. “Mari jadikan tahun 2009 sebagai referensi untuk lebih baik ke depan dan pegangan,” katanya penuh semangat. Warga Batam malam itu dihibur oleh  artis Ibukota Lola KDI, Andy KDI, Yulia Citra dan Kity yang merupakan personil Manis Manja Group, Eva Sari dan Rury Modiska dengan dukungan grup band Republik Dangdut.

(crew_humas/dv)

foto lainnya**