Wako Batam Tegaskan Peningkatan Kinerja Sejak Awal Tahun 2010

BATAM – Hari pertama masuk kerja di tahun 2010, Pemerintah Kota Batam mengawalinya dengan menggelar apel pagi gabungan seluruh pegawai Pemko Batam bertempat di Lapangan Engku Puteri Batam Centre pada Senin (4/01). Walikota Batam, Ahmad Dahlan selaku pembina apel, membuka arahannya pagi itu dengan ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai dan keluarga di lingkungan Pemko Batam atas sumbangsih yang diberikan dalam membangun Batam pada tahun 2009 lalu.
Dahlan menambahkan, selama tahun 2009 kita telah melaksanakan beberapa peristiwa penting, diantaranya adalah ditetapkannya Hari Jadi Kota Batam yang ke- 180 tahun, di mana pada tahun ini peringatannya bersempena dengan Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1431 H. Selanjutnya kepada SKPD terkait, Dahlan meminta agar segera menerbitkan buku tentang dasar sejarah penetapan Hari Jadi Kota Batam sehingga seluruh pegawai Pemko Batam serta masyarakat dapat mengetahuinya.

Peristiwa lainnya adalah terbentuknya Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, oleh karenanya kita harus mematuhi dan melaksanakan aturan yang telah ditetapkan serta harus patuh terhadap pemimpin pilihan kita.

“Mari kita perbaiki kinerja kita, semoga Batam bisa lebih baik dan lebih sukses lagi di tahun 2010 ini yang juga kita canangkan sebagai tahun peningkatan kinerja”, ujar Dahlan kepada seluruh peserta apel.

Menurutnya, jika kita hanya mengandalkan pembangunan pada kekayaan Sumber Daya Alam dan sektor Agriculture semata, maka pada 20 – 30 tahun ke depan, Indonesia tidak akan mampu mengatasi persoalan ketenagakerjaan dan memenuhi kebutuhan bangsa, oleh sebab itulah mulai saat ini kita harus berupaya untuk mengembangkan pembangunan di sektor jasa dan industri.

Batam adalah salah satu daerah yang diharapkan mampu untuk mengembangkan pembangunan dibidang jasa dan industri, dimana pada akhirnya nanti Batam diharapkan juga mampu berfungsi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi bagi daerah-daerah lainnya.

Sejalan dengan hal tersebut, sebagai pilot project serta salah satu bentuk program kerja 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi pada bulan Januari ini juga akan melaunching Sistim Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Batam, tambah Dahlan.

Dengan telah disahkannya APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2010 pada tanggal 22 Desember 2009 lalu, Dahlan meminta kepada seluruh SKPD agar segera bekerja menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2010.

“Jika memungkinkan, kegiatan pelelangan sudah bisa dimulai pada bulan Januari ini”, kata Beliau.

Sebelum menutup arahannya, Ahmad Dahlan mengajak seluruh peserta apel untuk mengirimkan do’a sejenak sesuai agama masing-masing kepada alm. K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), seorang guru bangsa sekaligus mantan Presiden Republik Indonesia ke- 4 yang telah berpulang pada hari Kamis, tanggal 30 Desember 2009 lalu.

Tampak hadir pada apel pagi gabungan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman, SH serta seluruh Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Kota Batam serta ratusan pegawai di lingkungan Pemko Batam yang memasuki hari pertama masuk kerja di tahun 2010.

(*humas_crew/ttn & rs)