BATAM – Anak asuh Rumah Zakat Indonesia Cabang Batam mendapat kesempatan mengikuti kemah juara sebagai ajang untuk melatih dan memperkaya pengetahuan tentang alam bahkan memaduserasikan kemampuan intelektual dengan keseimbangan emosional untuk menghadapi tantangan kedepan.
Menurut Branch Manager RZI Batam Wahyudi, kemah juara digelar secara rutin untuk memberikan motivasi psikologis kepada para anak asuh sehingga berbagai kesempatan untuk memperoleh juara dapat tercapai secara alami nantinya sekalipun secara ekonomi belum mendapatkan kehidupan yang layak, ungkapnya disela-sela acara.

Masih menurut Wahyudi, dalam perkemahan tersebut akan diadakan serangkaian lomba seperti lomba pidato, lomba memasak masakan khas melayu, lomba seni diantaranya teater dan menyanyi lagu daerah. Wahyudi juga berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan sebagai sarana untuk belajar memperbaiki diri agar lebih mandiri nantinya sebagai cerminan keberhasilan pola asuhan di RZI Cabang Batam, katanya optimis.

Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika yang berkesempatan membuka acara kemah juara pada Jum’at (10/07) di lantai 4 kantor Walikota Batam menyampaikan kegaiatan kemah juara merupakan kancah ujicoba kemampuan olah fikir (IQ), kecerdasan Emosional (EQ) serta ketahanan fisik yang apabila dipadu menjadi sebuah pribadi yang tangguh, mandiri dan dapat diandalkan, ungkapnya seraya memberi semangat kepada para peserta tersebut.

Masih menurut Ria, Pemerintah Kota Batam sangat berterima kasih dengan pola pendidikan dan pengasuhan yang diterapkan RZI Cabang Batam untuk menampung dan sekaligus memberikan hak pendidikan yang layak kepada anak asuh yang sampai saat ini juga masih membutuhkan bantuan semua pihak, harapnya.

Secara khusus kepada para peserta kemah juara, Wawako juga menyampaikan bahwa dengan kegiatan perkemahan banyak hal yang didapat seperti melatih kemandirian peserta, hubungan kesetiakawanan antara satu dengan yang lain, kerjasama dalam teamwork, ketrampilan-ketrampilan bahkan langsung dapat dipraktekkan, ungkapnya. Untuk lebih memaksimalkan hasil perkemahan tersebut, Ria juga menghimbau kepada para Pembina untuk memberikan bimbingan secara edukatif proporsional kepada para peserta agar dapat mandiri dan semoga dengan RZI dapat menyadarkan kepada masyarakat untuk berzakat.

Event tahunan yang diselenggarakan Rumah Zakat Indonesia (RZI) Batam tersebut mengikutsertakan sebanyak 112 orang anak asuh yang merupakan anak asuh dari RZI yang tiap bulannya mendapatkan bantuan pendidikan, baik dari sekolah dasar sampai dengan Sekolah Lanjutan Atas. Perkemahan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 10-12 Juli 2009, di Bumi Perkemahan Telaga Punggur.

RZI Batam yang berpusat di Batam Center memiliki enam wilayah, diantaranya Bengkong, Batu Ampar, Sagulung, Sungai Beduk, Tanjung Uma, dan Nongsa. Masing-masing wilayah saling berkoordinasi, setiap kali ada event. RZI memiliki 321 anak asuh.Dalam rangka memfasilitasi anak asuh RZI menjadi orang yang sukses, RZI memberikan pelatihan kepada anak asuh dengan lomba pidato, kelas teater, kelas kompang, dan kelas melukis. Karena menurut Wahyudi kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan faktor pendidikan tapi dengan keterampilan seseorang juga dapat maju.

Turut hadir mewakili Dinas Pendidikan M Nur, Kanpora, orang tua asuh dari PT POS Indonesia, manajemen PT. Telkomsel, pengurus RZI Batam, serta para peserta kemah juara RZI Batam tahun 2009.

(humas_crew/ttn&nn)