sepedaBATAM - Langit cerah di atas dataran engku putri pada pagi hari Minggu (7/6) kemarin mendukung suasana semangat membara warga Batam yang ditaja oleh komunitas Bike To Work dengan menggelar sepeda santai bersama Walikota Batam dengan menempuh rute yang cukup jauh dan membutuhkan stamina yang kuat. Acara yang dikaitkan untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu tersebut langsung dimanfaatkan oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan, untuk mengkampanyekan penggunaan sepeda dalam kehidupan keseharian yang disambut antusias warga yang hadir di dataran Engku Putri Batam Centre tersebut.

Dalam sambutannya, Wako Batam yang memakai peralatan lengkap dengan helm sepeda tersebut, menyampaikan upaya pemanfaatan sepeda bukan lagi hal yang baru, akan tetapi khusus bagi warga Batam yang langsung disuguhkan dengan kelengkapan fasilitas transportasi yang menghasilkan gas emisi, penggunaan sepeda dalam berbagai aktivitas keseharian termasuk untuk bekerja perlu dikampanyekan untuk mendapat dukungan riil dari warga secara mandiri dan dengan kesadaran yang tinggi, ungkap Dahlan dihadapan para komunitas pecinta sepeda tersebut.

“Dengan bersepeda, selain menyehatkan, juga akan mengurangi tingkat polusi dan untuk mengangkat olahraga ini, kita akan mengagendakan Tour De Barelang pada tahun 2010 yang melibatkan masyarakat Batam, Indonesia dan mancanegara”, pungkasnya lagi dengan semangat yang disambut tepuk tangan para bikers yang antusias menunggu pelepasan.

Ajang ini diikuti ratusan bikers dari beberapa club sepeda di Batam. Rombongan start dari dataran Engku Putri Batam Centre sekitar pukul 07.00 pagi dan dilepas secara resmi oleh Walikota Batam. Wako Batam juga ikut mengayun sepedanya mulai start dari Engku Putri kemudian menuju ke Simpang Kabil dan belok ke kanan ke arah Simpang Jam. Dari sini para bikers bergerak ke Jalan Bunga Raya-Simpang Empat Baloi-Lucky Plaza Nagoya dan finish di Simpang Lippo Bank, Nagoya.

Selain dari jajaran Pemko Batam, ajang bertajuk ‘City Tour, Bersama Kita Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim’ ini juga diikuti sejumlah pejabat Otorita Batam (OB) yang diwakili Ir. Prijanto dan tokoh masyarakat seperti Ricky Indrakari dan yang lainnya.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, yang hadir dalam acara tersebut juga mengatakan, saat ini Pemko Batam sudah menggagas pembangunan track khusus bagi kendaraan roda dua, termasuk sepeda. ”Saat ini yang terealisasi baru jalur sepeda motor di Penuin. Ini akan terus dikembangkan pembangunannya,” kata Yusfa.
Untuk track sepeda gunung, lanjut Yusfa, saat ini baru diusulkan lokasi di kawasan Duriangkang. Lokasi ini bakal dijadikan track off-road sepeda gunung. “Kita masih usulkan. Kalau disetujui nanti dianggarkan sesuai mekanisme yang ada,” katanya sambil mengiringi rombongan city tour sepeda tersebut.

(*hmscrew)