IMG_3985IMG_3998BATAM- Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika menghadiri serah terima jabatan Komandan Lanal Batam (2/07) di Markas Komando Lanal Batam Tanjung Sengkuang. Ria mengucapkan selamat bagi Danlanal yang baru Kolonel Laut (P) Purwanto. Beliau berharap meskipun telah terjadi pergantian kepemimpinan kedepannya kerjasama antara Pemerintah Kota Batam dan LANAL Batam semakin erat dan baik dalam rangka mengamankan dan menjaga keutuhan perairan Batam dan sekitarnya.
Dan secara khusus kepada pejabat lama Kolonel Laut (E) Muhammad Faisal, Ria menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan pengabdian bahkan kerjasama yang sangat intens dalam forum Muspida Batam selama kurang lebih 2 tahun bertugas di Batam dan pada kesempatan khusus tersebut, Wawako juga menyampaikan ucapan selamat bertugas dan mengabdi di tempat tugas yang baru. Ria menyampaikan bahwa pergantian pimpinan merupakan proses keberlanjutan institusi, dan Beliau menilai bahwa Danlanal sebelumnya telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Yang perlu dilakukan saat ini adalah menciptakan sinergi untuk menuju kemajuan.

Sementara Danlanal yang baru dilantik yaitu Kol Laut (P) Purwanto yang berasal dari kesatuan elit Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL, yang resmi dilantik menggantikan seniornya Kolonel Laut (E) Muhammad Faisal yang selanjutnya akan menempati posisi baru sebagai staf ahli Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) di Mabes TNI-AL.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI SM Darojatim, menyampaikan bahwa serah terima jabatan bukanlah sekedar upacara seremonial belaka, namun hendaknya dilihat sebagai suatu kehormatan, kepercayaan dan sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan oleh pejabat baru, untuk membangun prestasi dan karya nyata yang lebih baik serta menjadi bahan evaluasi bagi pejabat lama saat bertugas di tempat yang baru, ungkapnya.

Darojatim menambahkan bahwa posisi Lanal Batam sebagai basis militer AL sangat vital dalam mewujudkan kepentingan nasional NKRI guna menghadapi ancaman dan tantangan kedaulatan serta keutuhan wilayah negara diperbatasan laut selat Singapura dan perairan disekitarnya.

Muhammad Faisal, yang didaulat memberikan sekapur sirih menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya selama bertugas dijajaran LANAL Batam dengan segala kelebihan dan kekurangannya, perwira AL tersebut juga berharap LANAL Batam ke depan lebih maju lagi dan mampu mengaplikasikan deteksi dini dan cegah tangkal khususnya diwilayah pertahanan laut NKRI.

Sementara Purwanto, dengan respek memberikan penghargaan dan hormat kepada seniornya seraya berjanji akan melaksanakan tugas dengan baik. Beliau telah sangat dikenal bagi sebagian warga Kepri terutama Karimun, karena sebelumnya Purwanto pernah menjabat Komandan Lanal TBK selama lebih kurang dua tahun dari tahun 2002-2004.

Turut hadir pula Ketua DPRD Kota Batam, Ketua Otorita Batam, Komandan Kodim 0136 Batam, perwakilan Polda Kepri, perwakilan Poltabes Barelang, Kepala staf Danguskamla Armabar, Pimpinan Instansi dan perusahaan di Kawasan Lobam dan Lagoi, serta Tokoh masyarakat dan pemuka agama.

Foto Lainnya:

(*humas_crew/wr)