bcs1BATAM -  Setelah dua studio saudara kembar dari Cinema 21 yang lebih dulu menancapkan kuku pada bisnis perfilman khususnya pemutaran film di Batam menuai sukses dan berhasil menarik minat masyarakat Singapura dan Malaysia untuk berkunjung ke Batam dengan sebagian alasan untuk menonton film produksi Indonesia yang diputar pada studio yang ada tersebut. Mencermati minat yang cukup tinggi tersebut para pelaku bisnis yang melihat peluang tersebut melakukan ekspansi dan sayap bisnis pemutaran filmnya dengan menghadirkan Cinema 21 di BCS Mall kawasan Baloi.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan memberikan apresiasi khusus atas dukungan infrastruktur perfilman di Batam serta seluruh stakeholders yang mendukung terwujudnya sarana tersebut termasuk manajemen Batam City Square (BCS) Mall yang telah membuat Entertainment and Game Centre di lantai 5 pusat perbelanjaan tersebut dengan memadukan konsep kenyamanan berbelanja sekaligus menyajikan hiburan, kata Dahlan diawal sambutannya.

Masih menurut Dahlan, kehadiran pusat hiburan dan belanja terpadu tersebut, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam dukungan semua pihak untuk mensukseskan Visit Batam 2010, khususnya dalam bidang wisata belanja dan hiburan. “Kami menitipkan kepada BCS Mall untuk tetap menjadi salah satu penyedia jasa layanan hiburan dan belanja terpadu yang nyaman yang akan memberikan nilai tambah bagi Batam, saat para wisatawan melakukan kunjungannya di Batam” harapnya saat peresmian Entertainment and Game Centre di lantai 5 BCS Mall, pada Rabu (10/6) siang kemarin.

Posisi strategis yang dimiliki Batam menjadikan Kota yang baru saja meraih Anugerah Adipura sebagai Kota Besar terbersih tersebut serta proyeksi pemilihan Batam sebagai tuan rumah Festival Film Indonesia tahun 2010 yang akan datang sebagai tujuan belanja bagi daerah sekitarnya seperti Tanjungpinang, Tanjunguban, Tanjungbalai Karimun, Lingga, Natuna Bengkalis, Dumai, Tembilahan, Kuala Enok-Jambi, dan lainnya. Bahkan, Batam juga tempat belanja bagi negara tetangga Singapura, Malaysia, dan Thailand dikarenakan apa yang disuguhkan di Batam tidak jauh berbeda dengan apa yang disediakan di Mall-mall yang eksis di Jakarta maupun Bandung yang sebelumnya menjadi tujuan wisatawan negara tetangga tersebut dalam berbelanja serta mencari hiburan.

Untuk mendukung trend kunjungan wisatawan dari negara tetangga tersebut, maka muncullah bisnis-bisnis hiburan seperti spa, salon kecantikan, tempat menonton seperti Cinema 21 BCS Mall yang baru diresmikan ini. Ternyata, warga negara tetangga kita sangat menyukai film-film, sinetron-sinetron, dan lagu-lagu kita. Hadirnya Cinema 21 BCS Mall ini, menjadi suatu peluang yang menjanjikan,” ujarnya.

Direktur BCS Mall, Po Hong, menyebutkan, kehadiran Entertaint and Game Centre yang diresmikan Wako Batam tersebut, akan memberikan tempat hiburan bagi tiga generasi mulai dari anak-anak di gelanggang permainan, remaja di ketangkasan elektronik, dan Cinema 21 bagi orang dewasa dan orang tua. “Kita hadirkan kebutuhan dari beberapa generasi secara terpadu di pusat hiburan dan permainan. Selain mencari hiburan, mereka juga bisa belanja di tempat kita yang begitu bervariasi mulai dari trend mode, kebutuhan rumah tangga, perkantoran, dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Raja Muchsin menyebutkan, kehadiran Cinema 21 BCS tersebut diharapkan dapat menambah sarana menonton dan fasilitas permainan yang memang saat ini sedang ‘booming’ bagi para wisatawan yang ingin rileks dalam kunjungannya di Batam.  “Tahun 2008 lalu, kita nomor urut ketiga kunjungan wisatawan ke Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Kita berharap, tingkat kunjungan wisatawan ini apalagi setelah dicanangkan Visit Batam 2010 terus meningkat. Termasuk kehadiran Cinema 21 BCS ini, turut membantu menyediakan tempat kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Operasional 21 Cineplex Indonesia, Suprayitno, pihaknya akan menambah dua studio lagi di Cinema 21 BCS Mall hingga totalnya menjadi enam studio. Studio 5 berkapasitas 308 kursi penonton dan studio 6 berkapasitas 320 kursi penonton. “Fasilitas yang dimiliki Cinema 21 BCS Mall saat ini sudah berstandar Nasional sebagaimana beberapa studio sejenis di Indonesia dan sama dengan yang ada di studio yang sebelumnya telah hadir di Batam. Sampai saat ini, kuantitas sarana cinema sudah mencapai 140-an cinema yang sudah eksis dibangun dan dimanfaatkan untuk menjembatani pesan dalam sinematografi oleh para sineas kepada para penonton,” ungkapnya.

(*hmscrew)