Baru 30 Persen Warga Pulau Seraya Kantongi KTP

Safari Ramadhan Wawako di Pulau Seraya ft : HariantoSafari Ramadhan Wawako di Pulau Seraya ft : HariantoBATAM - Selasa (1/9) Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika menggelar Safari Ramadhan di Masjid Baitul Rahman, Pulau Seraya Kelurahan Batu Legong, Kecamatan Galang. Kegiatan safari ramadhan hari itu diisi dengan berbuka bersama dan shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Warga Pulau Seraya menyambut kedatangan Wawako beserta rombongan safari ramadhan dengan gembira. Karena tidak setiap hari mereka sebagai warga Batam bisa bertemu dengan orang nomor dua di Kota Batam bersama dengan jajarannya.

Acara sore itu diawali dengan dialog antara warga dengan Wawako sesaat sebelum berbuka. Dalam kesempatan itu Wawako menghimbau kepada masyarakat melengkapi dokumen kependudukan. Seperti KTP, KK & Akte Hal ini sangat penting karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam tengah melakukan penertiban data base atau data kependudukan. Tujuannya, bila ada bantuan, santunan dari pemerintah bisa langsung mengena sasaran, tanpa ada perantara.

“Keberadaan KTP dapat digunakan pemerintah dalam merencanakan, membuat dan menentukan kebijakan,” ujar Ria dihadapan masyarakat, pengurus masjid dan tokoh masyarakat Pulau Seraya.

Sehingga nantinya kebijakan yang dibuat tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berdasarkan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, baru 30 persen penduduk Pulau Seraya yang masuk dalam data base dapat diartikan hanya 30 persen yang telah memiliki KTP. Padahal di Kecamatan Sekupang telah 65 persen penduduknya yang memiliki KTP.

Ria menekankan kepada camat agar selalu memperhatikan masyarakat hinterland dalam pengurusan KTP, KK , Akte dan lain-lain. Kedepannya pembangunan bisa cepat dirasakan oleh masyarakat hinterland, khususnya di Pulau Seraya ini. Kegunaan KTP bukan hanya sekedar untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, tapi dengan adanya KTP menunjukkan identitas seseorang. Dan pengurusan surat-surat yang berhubungan dengan hak kepemilikan membutuhkan KTP.

Setelah acara buka bersama selesai, Ria dan tim safari ramadhan melaksanakan sholat Isya berjamaah. Yang kemudian dilanjutkan dengan ceramah dan sholat tarawih berjamaah. Menjelang pukul 22.00 WIB tim safari ramadhan meninggalkan Pulau Seraya. Diakhiri dengan pemberian bantuan dari Pemko Batam yang diserahkan Wawako kepada pengurus masjid.

Atas sambutan masyarakat Pulau Seraya atas kedatangannya, Ria memberikan apresiasi. Ria berharap Ramadhan tahun ini yang telah memasuki hari ke 11dapat dimanfaatkan dengan amal ibadah atau aktivis yang lebih mendekatkan kepada Allah SWT. Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim menahan seluruh perbuatan yang dapat membatalkan puasa. Dan setelah ramadhan diharapkan kaum muslim dapat tetap menahan diri dari perbuatan yang dilarang agama Islam. Hal itu merupakan makna esensi dari puasa, terang Ria.

Tim safari ramadhan yang mendampingi Ria dalam safari ramadhan malam itu Kepala Badan Kesbanglinmas dan Politik Zulhendri, Kepala Bapeko Wan Darusalam, Kepala Badan Pertanahan Buralimar, Sekretaris Dewan Guntur Sakti, Kepala Dinas Kesehatan Mawardi Badar, Kepala Badan Kominfo Muramis, Camat Bulang, Ruslan dan lurah se-Kecamatan Bulang.(crew_humas/nn)

Foto Lainnya **

Safari Ramadhan Wawako di Pulau Seraya ft : HariantoSafari Ramadhan Wawako di Pulau Seraya ft : HariantoSafari Ramadhan Wawako di Pulau Seraya ft : Harianto