Wawako Isi Ceramah di Masjid Raya ft : HariantoWawako Isi Ceramah di Masjid Raya ft : HariantoBATAM - Jika selama ini dalam kegiatan Safari Ramadhan Wakil Wali Kota, Ria Saptarika selalu menerima aspirasi

dari masyarakat namun pada Rabu (2/9) Wawako bertindak sebagai penceramah ketika Shalat di Masjid Raya, Batamcentre. Tema yang diangkat saat memberikan seramah itu “Hidup Rukun Bertetangga dan Antar Agama”.

Didalam tausyahnya Wawako menekankan hidup bertetangga hendaklah saling menghormati, menghargai, dan saling menjaga kerukunan beragama. Sikap tersebut perlu dikembangkan diantara warga, agar terjalin kehidupan yang harmonis. Sehingga masing-masing orang yang tinggal di satu wilayah akan merasa betah.

“Coba kita lihat di daerah pedesaan, kerukunan masyarakatnya masih sangat kental. Mereka saling bahu membahu membangun daerahnya. Contohnya bergotong-royong secara bergantian membangun rumah yang perlu diperbaiki,” kata Ria memberi contoh.

Menghormati tetangga bukan berarti memberi hormat seperti saat melakukan penghormatan kepada bendera negara. Menghormati tetangga dapat diartikan memberikan kebebasan kepada tetangga dalam melakukan ibadah agama mereka. Atau saat tetangga menyelesaikan permasalahan pribadi mereka.

Bila tetangga kita memang berlainan agama, jangan pandang itu sebagai perbedaan yang menyebabkan perpecahan. Tapi kewajiban kita untuk saling menghormati sebagai wujud kerukunan antar agama. Karena isu tentang agama sangat sensitif saat ini, selalu kembangkan sikap saling menghormati dan menghargai, tambah Ria.

“Dalam hidup bertetangga, mereka menjadi keluarga kita. Apa pun yang terjadi pada kita yang paling tahu adalah tetangga. Jalin kerukunan antar tetangga, sehingga saat kita memiliki permasalahan yang sedemikian rumitnya tetanggalah yang membantu kita,” jelas Ria.

Dengan terciptanya kerukunan antar tetangga dalam satu wilayah, maka akan terjalin kerukunan ke lingkup yang lebih luas. Jika kerukunan masyarakat secara keseluruhan tercapai, maka pemerintah akan lebih mudah menerapkan kebijakan yang telah dibuatnya. Sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Ria berharap peran serta seluruh masyarakat dalam mendukung kebijakan pemerintah, karena  dengan peran serta seluruh masyarakat kesejahteraan akan lebih mudah dicapai. Disamping itu masyarakat juga diberikan kebebasan untuk memberikan atau menyalurkan aspirasinya. Ria menutup tausyahnya dengan mengajak jamaah masjid Raya Batam untuk senantiasa menjaga kerukunan dengan tetangga mereka dalam lingkup terkecil. Safari ramadhan malam itu ditutup dengan Shalat Tarawih Berjamaah.(crew_humas/nn)